Menteri Sosial Rayakan ‘Sehari Bersama 7000 Anak Indonesia’

JAKARTA, KRJOGJA.com – Indonesia menjamin pemenuhan hak anak secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Mensos Juliari P Batubara pada Puncak Peringatan Hari Anak Indonesia , secara virtual.Kamis (23/7 2020) menjelaskan Hari Anak Nasional (HAN) merupakan salah satu upaya untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
Ujarnya.

Pandemik covid 19 tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan HAN tahun ini meskipun secara virtual. Tema nasional HAN Tahun 2020 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Sub tema yang diusung oleh Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak adalah; #StopKekerasan pada Anak”; “Pertemanan Positif dengan Teman Sebayai# dan #Anak Indonesia Sehat dan Gembira di Rumah#. Tegas Mensos.

Data hasil respon kasus Satuan Bakti Pekerja Sosial sampai dengan bulan Juni menunjukkan bahwa lima jenis kasus terbanyak yang dialami anak adalah anak berhadapan dengan hukum 3555 anak; anak korban kejahatan seksual 1433 anak; anak korban perlakuan salah dan penelantaran 766 anak, anak korban kekerasan fisik dan atau psikis 552 anak serta terdampak covid 19 sebanyak 638 anak.

BERITA REKOMENDASI