Mudik Dilarang, Industri Pariwisata DIY Andalkan Wisatawan lokal

YOGYA, KRJOGJA.com – Industri pariwisata kembali akan terdampak kebijakan pelarangan mudik oleh Pemerintah Pusat dengan berkurangnya jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) atau wisatawan domestik dari luar DIY. Untuk itu, DIY menyiasatinya dengan mengoptimalkan potensi wisatawan lokal dari dalam DIY sendiri dengan menggulirkan kembali program staycation dan sport tourism yang terbukti berhasil menggerakan industri pariwisata saat pandemi Covid-19 pada 2020 lalu.

Saya kira kebijakan pelarangan mudik ini pasti ada pengaruhnya bagi pariwisata khususnya kunjungan wisatawan yang dari luar DIY pasti akan sangat berkurang sekali. Belajar dari pengalaman awal pandemi, maka kita mengoptimalkan wisatawan lokal alias masyarakat yang ada di dalam DIY sendiri melalui program staycation,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo di Yogyakarta, Minggu (28/3).

Singgih menyampaikan program staycation pada waktu itu cukup berhasil karena mampu menggerakkan industri pariwisata yang ada di DIY. Meskipun tidak semua pelaku industri pariwisata mendapat kuenya atau kebagian jatah, namun paling tidak pelaku industri pariwisata sudah mulai bergerak dari kuliner, akomodasi, transportasi lokal dan sebagainya.

BERITA REKOMENDASI