Muslim Turki Sambut Gembira Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid

UMAT Islam di Turki menyambut gembira keputusan pengadilan tinggi yang mengembalikan status bangunan bersejarah Hagia Sophia menjadi masjid. Pengadilan mengeluarkan putusan mengenai status Hagia Sophia kemarin.

Mengutip dari Sindonews, di Kota Istanbul, ratusan orang berkumpul di dekat Hagia Sophia untuk merayakan keputusan itu. Osman Sarihan, seorang guru di Kota Istanbul, mengaku senang bahwa kaum Muslimin akhirnya bisa kembali beribadah di Hagia Sophia.

Mereka yang membangun ini melakukannya untuk menyembah Tuhan juga. Terima kasih Tuhan hari ini dikembalikan ke tujuan utamanya. Hari ini Tuhan akan disembah di masjid ini,” ucap Sarihan, seperti dilansir Reuters, Minggu (12/7/2020).

Sebelumnya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan keputusan mengubah Hagia Sophia kembali menjadi masjid adalah langkah menuju membuat Turki yang hebat. Dia juga mengatakan pendapat negara-negara lain mengenai hal ini tidaklah suatu masalah.

“Kami membuat keputusan untuk mengubah status Hagia Sophia, berdasarkan pada pendapat orang-orang kami dan bukan orang-orang yang mengatakan hal-hal tentang kami,” kata Erdogan.

Erdogan kemudian mengatakan bahwa negaranya akan terus mengambil jalan yang benar, dalam rangka membangun Turki yang kuat dan kuat. Erdogan juga mengatakan Hagia Sophia yang berusia hampir 1.500 tahun akan tetap terbuka untuk Muslim, Kristen, dan orang asing. (*)

BERITA REKOMENDASI