Muswil Dekopin DIY : Koperasi Harus Bertransformasi ke Digital

YOGYA (KRJOGJA.com) – Pandemi Covid-19 mempercepat proses digitalisasi. Kebijakan pembatasan sosial untuk mencegah penularan virus memaksa masyarakat membiasakan diri berinteraksi secara virtual atau daring. Koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional dituntut mampu cepat beradaptasi dengan bertransformasi ke digital untuk menjawab semua tantangan zaman dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Tanpa bertransformasi ke digital, koperasi akan ketinggalan kesempatan dan kalah bersaing,” terang Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Dr Sri Untari Bisowarno MAP dalam acara pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) Dekopin Wilayah DIY tahun 2020 di Hotel Inna Malioboro Yogyakarta, Kamis (15/10/2020). Muswil mengangkat tema ‘Melalui Muswil Dekopin Wilayah DIY Kita Tingkatkan Kinerja Koperasi di Era Digital 4.0’. Terpilih sebagai Ketua Dekopin Wilayah DIY periode 2020-2025 yaitu Ir RM Herdjuno Sukotjoadi.

Menurut Sri, digitalisasi di tubuh koperasi perlu dimulai dari pengelolaan anggota koperasi, contohnya penggunaan single ID untuk mengefektifkan kinerja. Kemudian pemasaran produk anggota koperasi secara online, hingga penguatan sinergi dengan lembaga lain seperti perbankan, lembaga mitra dan pemerintah (dinas koperasi). “Jujur saat ini kondisi koperasi banyak yang aging (belum mengikuti perkembangan zaman dengan baik), ini menjadi salah satu fokus kami untuk melakukan regenerasi sistem, kepemimpinan, manajemen dan keanggotaan,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI