Obat Petasan 5,5 Kg Meledak, Dua Rumah Hancur

Editor: Ivan Aditya

CILACAP, KRJOGJA.com – Sebanyak 6 orang warga Desa Sidaurip diamankan, menyusul terjadinya ledakan yang menghancurkan dua rumah milik warga RT 05 RW 07 Dusun Gebangsari Desa Sidaurip Kecamatan Gandrungmangu Cilacap, Jumat (30/04/2021) sore sekitar pukul 15.30 WIB. Diduga ledakan tersebut berasal dari obat petasan seberat 5,5 kg yang tersimpan di salah satu rumah yang hancur tersebut. Adapun kedua rumah tersebut milik Bani Dohan (29) dan Tasimin (50) warga Dusun Gebangsari Desa Sidaurip Kecamatan Gandrungmangu Cilacap.

“Sebanyak 6 orang telah diamankan, terkait kasus ledakan itu. Kasus itu kini ditangani Polres, jadi konfirnasinya ke Kapolres saja,” ujar Kapolsek Gandrungmangu AKP Sudrio.

Tumin warga Sidaurip mengatakan, peristiwa ledakan itu berawal dari rencana warga setempat yang hendak meramaikan lebaran tahun ini, dengan menyulut mercon atau petasan yang dibuat sendiri. Kemudian warga membeli obat petasan seberat 5,5 Kg yang disimpan di salah satu rumah kosong.

Namun diluar dugaan, rumah tempat penyimpanan obat petasan tersebut dalam keadaan tertutup rapat, sedang cuaca Jumat itu cukup panas. Sehingga kondisi itu memicu terjadinya ledakan pada obat petasan tersebut. “Beruntung, saat kejadian kedua rumah yang hancur itu sedang tak berpenghuni, sehingga ledakan tersebut tidak memakan korban jiwa,” lanjutnya.
(Otu)

BERITA REKOMENDASI