Obwis Dibuka, Purworejo Jadi Ajang Kopdarnas

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) ke-3 Forum Pelaku Pariwisata Indonesia (Forppi) di gelar di Kabupaten Purworejo, menyusul dibukanya sebagian objek wisata (Obwis) di wilayah ini. Bahkan para pelaku wisata ini sempat bermalam di tenda-tenda di Pantai Dewaruci Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi.

“Tahun ini sebenarnya menjadi puncak kunjungan wisata Purworejo atau Romansa Purworejo 2020. Namun akibat pandemi Covid-19, maka hampir semua lini kehidupan menjadi terganggu, termasuk sektor pariwisata,” kata Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Rabu (26/08/2020).

Di sela-sela menerima pengunjung peserta Forppi di Pantai Dewaruci Agus Basatian mengakui, bahwa semua tempat wisata sempat ditutup akibat wabah virus corona, sehingga berdampak pada pelaku pariwisata maupun pelaku usaha lain yang mendukung sektor ini.

“Jasa transportasi, penginapan, hingga pengrajin souvenir dan pedagang makanan minuman ikut terimbas. Kita tidak boleh menyerah begitu saja. Kita harus bisa survive untuk terus melanjutkan kehidupan dan masa depan,” katanya didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Purworejo Agung Wibowo AP MM.

Kini seiring dengan adaptasi kebiasaan baru atau new habit, , masyarakat sudah bisa menjalankan kegiatan ekonomi termasuk pariwisata, kegiatan sosial dan keagamaan. “Tempat wisata dan sarana pendukung lainnya, kini sudah boleh dibuka meskipun harus tetap menerapkan protokol kesehatan,” tandas Agus Bastian seraya menambahkan, sudah sekitar 50 persen tempat wisata di Purworejo siap dibuka kembali. (Nar)

BERITA REKOMENDASI