Oknum Polisi Pungli, Peternak Ayam Banyumas Protes

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Pengusaha dan puluhan pekerja ternak ayam telur, di Desa Limpakuwus, Sumbang, Banyumas, Selasa (26/1/2021) melakukan aksi protes kepada oknum kepolisian Polresta Banyumas yang memperkarakan dan diduga akan melakukan pungutan liar terhadap peternak.

Aksi protes itu dilakukan di kandang ayam tempat kerja mereka bekerja. Ketua Paguyuban Ternak Ayam Banyumas, Gembong Heru Nugroho menjelaskan ada peternak ayam yang sudah diperkarakan dan saat ini perkaranya sudah mulai disidangkan di Pengadilan Negeri Banyumas.

” Peternak dicari cari permaslahanya dan dibidik berkaitan dengan perijinan Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan,” kata Gembong. Menurutnya saat perkara ini dilakukan penyidikan pada pertengahan tahun 2020 ada permintaan uang oleh oknum polisi Rp 90 juta, yang diduga untuk menghentikan perkaranya.

Namun permintaan uang tersebut ditolak, sehingga perkaranya lanjut sampai ke pengadilan. Ia menjelaskan peternak akan mau memberikan uang untuk operasional bukan untuk kepentingan pribadi.