Pancasila Terbukti Sanggup Persatukan Bangsa Indonesia

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mestinya diresapi setiap pemimpin di negeri ini. Dengan demikian setiap kebijakan dan keputusan yang diambil seorang pemimpin sesuai nilai pancasila itu sendiri.

Pancasila sebagai dasar negara sangat relevan dijadikan pedoman hidup masyarakat dalam berbangsa bernegara. Hal tersebut mengemuka dalam sosialisasi MPR RI, Pancasila, UUD 45, NKRI serta Bhinneka Tunggal Ika di Kantor DPC PDIP Perjuangan Kabupaten Bantul Sabtu (27/06/2020). Sosialisasi diikuti pengurus PAC Kecamatan Banguntapan, Piyungan, Dlingo, Imogiri, Pundong, Kretek, Jetis serta Bambanglipuro.

Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan, Drs HM Idham Samawi mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara sangat tepat diterapkan di negara ini. “Pancasila yang bisa mempersatukan bangsa Indonesia dari beragam suku, agama, budaya dan bahasa dan sudah terbukti,” ujar Idham Samawi.

Dalam acara itu juga dihadiri Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul Joko Purnomo SH yang juga anggota DPRD DIY, Ketua DPRD Bantul dari PDIP H Hanung Raharjo ST, anggota DPRD DIY, Tustiani SH, Ispriyatun Katir Triatmojo SH, anggota DPRD Kabupaten Bantul, Dwi Kristiantoro, Suratman, Sugeng, Pramudiananto, Ketua Bidang Pemenanangan Pemilu DPC PDI Perjuangan, Kusbowo Prasetyo SH.

Idham Samawi mengatakan, Indonesia yang dibangun dari beragam latar belakang suku, agama, budaya dan bahasa yang hingga saat ini masih menjadi satu kesatuan dalam bingkai NKRI. Sementara di negara lain dibangun dari beberapa budaya saja sudah hancur, bahkan sekarang sudah hilang.

Oleh karena itu, tidak ada kata lain semua kader PDI Perjuangan harus siap di garda depan dalam membela Pancasila. “Semua kader PDI Perjuangan harus berani pasang badan kalau kalau ada pihak yang ingin mengganti ideologi Pancasila,” tegas Idham.

Sementara ketua DPC PDIP Kabupaten Bantul, Joko Purnomo mengatakan, sila dalam Pancasila itu merupakan hal-hal yang sesuai jika diaktualisasikan dalam hidup berbangsa bernegara. Karena hal tersebut akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat. (Roy)

BERITA REKOMENDASI