Pandemi, Sales Penjualan Tetap Optimistis

JAKARTA,KRJOGJA.com – Pandemi Covid 19 tidak memudarkan para sales dalam membangkitkan ekonomi Indonesia. Kesulitan yang dihadapi di masa pandemi harus dimaknai sebagai pecut untuk berkarya lebih baik lagi. Salah satu upaya paling mendasar adalah mengubah pola pikir, bahwa di setiap kesulitan ada kesempatan.

Hal itu juga dikatakan pendiri komunitas sales Indonesia (Komisi), Dedy Budiman dalam acara jumpa pers Hari Sales Indonesia (Harsindo), Kamis (12/11). Komunitas Sales memutuskan tanggal 11 bulan 11 sebagai Harsindo. Tantangan lain adalah cepatnya laju perkembangan teknologi informasi. Belum selesai dengan teknologi industri 4.0 (big data), dunia sudah dihadapkan pada keharusan menyikapi teknologi 5.0 atau yang disebut kecerdasan buatan.

“Lantas diantara 4.0 dan 5.0 ini, dimanakah posisi para sales atau pelaku penjualan ini? Apakah kita akan semakin terpuruk atau justeru berpikir mencari solusi? Inilah pentingnya mengubah pola pikir kita,” tandas Dedy.

Harus diyakini oleh para sales adalah kebanggan akan profesinya. Setelah itu, lakukan terus pembenahan kualitas. Pikiran pun harus terbuka pada kesempatan-kesempatan baru, apalagi di tengah kesulitan yang menghimpit di era pandemi.