Pelatihan Office 365 PGSD-UAD : Berbagi Pengalaman Mengajar dan Belajar

YOGYA, KRJOGJA.com – Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Pelatihan Office 365. Pelatihan menghadirkan dosen PGSD FKIP-UAD sekaligus Trainer dan Pengembang High Tech Teacher Indonesia.

Lovandri Dwanda Putra MPd kepada krjogja.com mengatakan, Pelatihan Office 365 merupakan salah satu program dari Microsoft Education Indoensia yang ditujukan untuk forum guru dan dosen dengan sharing/berbagi pengalaman mengajar dan belajar menggunakan teknologi terkini. “Pelatihan dilaksanakan selama 6 hari setelah itu dilakukan pendampingan selama beberapa bulan. Guru dan dosen didampingi mengaplikasikan secara langsung pada pembelajaran,” ujarnya di kampus 5 UAD, Jalan Ki Ageng Pemanahan, Sorosutan Umbulharjo, Yogya, Selasa (03/11/2020).

Dijelaskan, pada awal sesi penyampaian materi peserta dan trainer melakukan perkenalan dan cek persiapan peserta untuk kelengkapan alat dan sofware yang digunakan nantinya. Setelah itu peserta melakukan penginstalan teams di laptop. Beberapa peserta mendapati kendala dalam penginstalan teams di laptop atau PC yang disebabkan karena hardisk laptop yang full, namun bisa teratasi dengan memakai teams versi web.

Peserta yang turut serta dalam pelatihan tersebut 17 Dosen PGSD FKIP UAD yaitu Dr Sri Tutur Martaningsih MPd, Laila Fatmawati MPd, Fery Setyaningrum MPd, Lisa Retnasari MPd, Vera Yuli Erviana MPd, Heni Siswantari SPd MA, Kirana Prama Dewi SSos MPd, Nur Hidayah SPd MPd, Hanum Hanifa Sukma MPd, Asih Mardati MPd, M Ragil Kurniawan MPd, Sugeng Riyanto MPd, Satrianawati MPd, Dr Fitri Indriani MPdI, Feri Budi Setyawan MPd, Siwi Purwanti MPd, Mukti Sintawati SSi MPd dan beberapa dosen serta guru di wilayah DIY dan Jawa Barat secara virtual.

Lovandri Dwanda Putra mengatakan pada pelatihan office 365 peserta bukan hanya diberikan materi mengenai isi Microsoft namun juga mendapatkan tugas untuk mengaplikasikan materi yang telah diberikan.

“Para Peserta begitu antusias dan semangat dalam melaksanakan pelatihan tersebut, materi yang diberikan beberapa adalah Microsoft teams, form, drive, sway, class, notebook. Pada praktik dalam pelatihan microosft temas para peserta diajak untuk melakukan video call antarpeserta dengan saling bergantian, dan mengunduh presensi dari hasil video call tersebut,” katanya. (Jay)

BERITA REKOMENDASI