Pemda DIY Tingkatkan Pemanfaatan Produk Pangan Lokal

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY tidak henti-hentinya mensosialisasikan amanat pemanfaatan produk pangan lokal di DIY guna menjaga ketahanan pangan. Sebab DIY mempunyai potensi yang cukup besar untuk meningkatkan produksi produk lokal, khususnya bahan pangan supaya bisa menekan ketergantungan impor bahan pangan yang masih tinggi hingga saat ini.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian baik DIY maupun yang ada di kabupaten perihal pemanfaatan produk lokal tersebut. Sepanjang kapasitas produksinya ditingkatkan dan kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi, apakah masyarakat atau konsumen mau memakai produk lokal atau import minded ? ” kata Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Setda DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti kepada KR, Minggu (31/1).

Made mengungkapkan masyarakat memang sudah terlanjur terbiasa dengan membeli produk-produk luar selama ini, namun hal tersebut bisa diubah dan diarahkan untuk membeli produk lokal. Perihal harga produk lokal yang biasanya justru lebih tinggi daripada produk luar, bisa dikompromikan nantinya. Sebab masyarakat terkadang kurang menghargai produk lokal karena harganya sedikit lebih mahal, padahal kualitasnya justru lebih baik.

BERITA REKOMENDASI