Pemda DIY Tingkatkan Pemanfaatan Produk Pangan Lokal

“Jika kita bisa menghargai produk lokal dan bisa diproduksi lebih luas, kita bisa swasembada sendiri alias bisa memenuhi kebutuhan sendiri. Contohnya peningkatan produksi kedelai lokal yang kini disparitas harganya dengan kedelai impor tidak terlalu lebar. Dari sinilah bisa muncul ketahanan pangan lokal ketika kita tergantung kepada luar dengan bisa memenuhi konsumsi masyarakat DIY sendiri,” terangnya.

Pemda DIY melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait beserta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY menyampaikan beberapa pihak terkait telah sepakat menanam di luar musimnya atau off season bagi produk-produk tertentu seperti komoditi cabai dan bawang merah. Kedua komoditi pertanian tersebut sangat ekonomis dan merupakan komponen volatile food yang mempengaruhi atau memberikan andil dalam inflasi.

“Kita sudah mempunyai kebijakan tata niaga pangan lokal yang mampu menginventarisasi mana yang bisa disupport oleh produk lokal maupun yang hanya bisa dipenuhi produk pangan dari luar DIY. Kita pastikan ketersediaan pangan tetap terjaga sehingga akan menstabilkan harga. Kita sudah mulai pembuatan sistemnya dengan digitalisasi untuk memetakan produksi pangan lokal maupun kebutuhanya sejak 2020,” jelasnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI