Pemerintah Desa Harus Jadi Garda Terdepan Dalam Pembangunan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pemerintah desa adalah garda terdepan dalam penyelenggaraan pemerintahan sekaligus menjadi motor penggerak utama dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Dengan posisi ini, menjadikan peran desa sebagai subyek pembangunan.

“Hal ini diperkuat dengan masuknya alokasi anggaran secara langsung ke desa, yang semakin besar setiap tahunnya. Diantaranya dari Pemerintah Pusat berupa dana desa, maupun dari Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang berupa ADD, serta bagi hasil pajak dan retribusi. Karena itu, para aparatur desa di tuntut agar lebih trampil, lebih cepat dan lebih tanggap dalam bekerja serta harus mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digitalisasi saat ini,” kata Bupati Magelang Zaenal Arifin saat membuka pelatihan peningkatan kapasitas kepala desa dan perangkat desa se-Kecamatan Pakis di Hotel Griya Persada, Kabupaten Semarang, Kamis (27/5/2021) kemarin.

Menurut Zaenal, tantangan pelayanan publik yang dihadapi saat ini semakin berat dan kompleks apalagi di tambah dengan adanya pandemi Covid-19. Perlu adanya kebijakan-kebijakan terobosan yang inovatif dalam rangka mengatasi permasalahan dengan tetap berorientasi kepada pelayanan publik terbaik yang diberikan kepada masyarakat.

BERITA REKOMENDASI