Penari Internasional : MakanKu Bisa Jadi Catering Penerbangan Internasional

SOLO, KRjogja.com – Penari bertaraf internasional asal Solo, Irawati Kusumorasri yang sering bepergian ke luar negeri mengatakan kuliner asal Solo punya potensi untuk menjadi catering di pesawat yang melayani penerbangan antar negara.

“Penumpang pesawat terbang di penerbangan luar negeri tentu menyenangi menu-menu dari Indonesia, agaknya MakanKu yang memiliki berbagai varian rasa boleh dimasukkan alternatif sebagai catering di pesawat karena praktis, higienis dan masak tidak perlu api ,” ujar Irawati Kusumorasri yang akrab dipanggil mbak Iil usai tes food dari Warung New Normal Halalan Thayiban Anti Covid-19 Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini di Jalan Slamet Riyadi no 300 Sriwedari, Solo, Selasa (13/10/2020).

Irawati Kusumorasri, Direktur Solo International Performing Arts (SIPA)
yang juga menjabat Direktur Akademi Seni Mangkunegaran mengatakan dirinya merasa mendapat kehormatan bisa mencicipi MakanKu yang sebelumnya sering dibranding
sejumlah pejabat kepolisian Jateng dan Kota Solo, tokoh masyarakat Solo bahkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pernah menjajal varian menu makanan siap saji yang dikelola oleh H Puspo Wardoyo ini. “Saya mencoba menu ayam balado, ternyata enak, gurih, bumbunya mrasuk,” ujar mbak Iil.

Sepintas setelah, melihat-lihat gerai dan jenis layanan di MakanKu ini, Ira mengaku sajiannya memang unik dan khas. Bila dilihat dari kemasan dan bentuk hasil jadinya. Makanan ini cocok buat buah tangan, atau menu makan di tempat-tempat khusus.
“Semacam oleh-oleh-lah, atau ada keluarga yang tidak mau repot membeli makanan di luar. Makanan cepat saji di sini sangat pas, apalagi dinikmati untuk moment-moment tertentu, seperti yang suka naik gunung, travelling, pas banget,” ungkapnya.

Usai menunggu selama 15 menit ayam balado pesanannya matang. Ira pun mencicipi satu persatu bagian-bagian dari makanan cepat saji yang dipesan tadi. Pertama dia mencoba melahab ayam balado, berlanjut ke lauk telur, dan kombinasi nasi plus lauk yang masih hangat. “Saat saya rasakan tadi memang ada olahan sambal di baladonya, meski saya tidak suka pedas lo.”tuturnya.

Ira yakin menu-menu yang tersedia ini rasanya pas dengan lidah orang Jawa. Ira sempat kepikiran bila kelak keluar negeri akan membawa makanan ini ke sana atau sekadar oleh-oleh. “Nah, ini cocok kalau dijadikan oleh-oleh. Kebetulan saya punya kolega warga Korea Selatan. Kami sering bertukar cindera mata juga oleh-oleh. Oleh-oleh yang tahan lama ya MakanKu,” ujarnya.

Puspo Wardoyo, inisiasator sekaligus pengusaha kuliner/owner Ayam Goreng Wong Solo Grup mengatakan, masyarakat yang bepergian jauh dan dalam waktu yang cukup lama tidak perlu susah untuk makan. Tidak usah membawa segala bentuk peralatan untuk memasak. Namun kini sudah ada makanan siap saji yakni MakanKu.
Dituturkan, lima menu makanan “MakanKu” yakni Rendang Daging, Ayam Balado, Ayam Asam Manis, Gulai Ikan, dan Gudeg sudah bisa dipasarkan untuk masyarakat umum karena telah mendapat izin edar dari BPOM.

MakanKu telah mendapatkan sertifikat halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga dapat dipastikan seluruh bahan baku serta proses pengolahan telah sesuai dengan standar MUI yang membuat MakanKu Halalan dan Thayyiban. MakanKu juga telah tersertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan diolah berdasarkan standart Internasional (ISO 22000 : 2018 – Food Safety Management System) yang menjamin kehigienisan serta aman untuk dikonsumsi siapa saja. (Hwa)

 

BERITA REKOMENDASI