Pendapatan Bunga Kerek Laba BTN Rp1,99 Triliun

JAKARTA, KRJOGJA.com – Laba Bank Tabungan Negara (BTN) selama semester I tahun 2020 sebesar Rp768 miliar. Laba ini ditopang pendapatan bunga bersih sebesar Rp 4,43 triliun. Perseroan juga mencatatkan laba dari operasional di luar provisi sebesar Rp 1,99 triliun.

“Perolehan laba bersih pada semester I ini melebihi ekspektasi kami. Kami optimistis, hingga akhir tahun nanti target laba BTN masih on-track, sejalan dengan mulai adanya peningkatan permintaan kredit pada Juni 2020, ” kata Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury,,pada paparan kinerja semester I tahun 2020, secara virtual di Jakarta, Senin (3/8).

Dikatakan, perolehan laba tersebut merupakan hasil dari strategi “5 Fokus dan 8 Inisiatif” yang telah dijalankan BTN sehingga tetap mencatatkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan kendati di tengah pandemi. Selain itu BTN menyiapkan rasio pencadangan yang cukup besar. Pada semester I tahun 2020, Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) Bank BTN hampir 108 persen Posisi tersebut melesat jauh dari 37,87 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Pemupukan pencadangan tersebut merupakan inisiatif perseroan dalam rangka menjaga kualitas pertumbuhan bisnis di tengah pandemi. Selain itu pencadangan ini maka tidak akan berpengaruh kepada laba nantinya.

“Di era New Normal, BTN terus memupuk pencadangan, likuiditas, sambil memacu bisnis dengan asas kehati-hatian di masa pandemi sesuai dengan 8 inisiatif perseroan. Dengan strategi tersebut, bisnis BTN diyakini masih akan terus bertumbuh dan mencetak laba di semester II tahun 2020,” katanya.

BERITA REKOMENDASI