Pengamanan Pilkada,Penyebaran Covid-19 dan Kerawanan Kasus Diantipasi

BANTUL, KRJOGJA.com- Polres Bantul menggelar apel pergeseran pasukan keamanan Pilkada 2020, di halaman Mapolres Bantul dengan pimpinan apel Wakapolres Bantul, Kompol Noer Alam SIK, Senin (7/12). Diikut pasukan Brimob dan Sabhara BKO dari Polda DIY, TNI AD Kodim 0729 Bantul, semua pernonel jajaran Polres Bantul dan Satpol PP Pemkab Bantul.

Kompol Noer Alam mengemukakan, apel pergesaran pasukan tersebut merupakan kesiapsiagaan Polres Bantul dalam menjalani tahapan pengamanan Pilkada 2020 di Bantul. Pilkada tahun ini semua petugas harus lebih disiplin, terutama disiplin mematuhi protokol kesehatan. “Karena jika dilakukan dengan ceroboh dan tidak disiplin dikhawatirkan Pilkada tahun ini bisa menjadi klaster Covid-19,” ungkap Kompol Noer Alam.

Pilkada 2020 di Bantul juga rawan kasus, seperti pengrusakan fasilitas umum, intimidasi dan aniaya kepada penyelenggara Pilkada, politik uang, kampanye hitan, munculnya pemilih ganda, penggelembungan suara, unjuk rasa, konflik antar pendukung dan utamanya kerawanan penyebaran Covid-19. Sehingga perlu antisapasi.

Melalui apel ini seluruh anggota yang terlibat diharapkan mampu mempersiapkan diri secara maksimal untuk berperan secara aktif dalam pengamanan Pilkada serentak di DIY, khususnya di Bantul. Untuk antisipasi penularan Covid-19 di Bantul, semua jajaran Polres telah menjalani test repid di Dinas Kesehatan dan hasilnya semua non reaktif, sehingga semua personel di Bantul dikerahkan untuk pengamanan Pilkada 2020 di Bantul.

Sementara jumlah personel Polres Bantul untuk pengamanan Pilkada 2020 meliputi BKO Polda DIY terdiri Brimob 70 personel pasukan PHH, 20 personel anti anargis dan 1 SST Shabara. Total seluruh petugas pengamanan Pilkada dari Polres Bantul yakni 1.300 personel.

Usai apel kemarin petugas BKO Polda DIY meliputi Brimob dab Sabhara langsung menempati tenda markas di Srandakan, Pleret dan Mapolres Bantul. Sedangkan petugas pengamanan TPS melakukan ceking di lokasi TPS masing-masing. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI