Peredaran Narkoba Masih Cukup Tinggi, Barang Bukti Dimusnahkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Yogya menusnahkan barang bukti perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Barang bukti yang paling banyak narkoba. Hal itu menunjukkan, peredaran narkoba di Kota Yogya masih cukup tinggi.

Kajari Kota Yogya Umbu L Woleka SH mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan yaitu ganja seberat 1.492,966 gram, sabu-sabu 60,495 gram, tembakau gorila 64,472 gram, pil atau obat terlarang 23.387 butir. Sedangkan minuman keras 275 botol. “Total perkara 151. Barang bukti ini sudah sidangkan dan memiliki hukum pada 2019 sampai 2020,” kata Umbu L Woleka didampingi Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Taufik Hidayat SH MH, Jumat (26/6).

Ditambahkan Taufik, barang bukti yang dimusnahkan ini mayoritas narkoba. Hal itu menunjukkan bahwa peredaran narkoba di Kota Yogya masuh cukup tinggi jika dibandingkan dengan perkara lainnya.
“Mayoritas perkara yang ditangani di Kejari Yogya hanya pemakai. Ironisnya kebanyakan justru mahasiswa,” tambah Taufik yang merupakan kandidat doktor Undip ini.

Menurutnya, pemberasan narkoba ini tidak hanya menjadi tanggungjawab dari aparat penegak hukum saja. Namun masyarakat juga mempunyai peran untuk ikut memberantas peredaran narkoba di Kota Yogya.
“Terutama masyarakat yang memiliki kos-kosan. Supaya ikut mengawasi supaya peredaran narkoba di Kota Yogya bisa ditekan,” pinta Taufik. (Sni)

BERITA REKOMENDASI