Peringati Hari Jadi, Yuni Sukowati Kunjungi Bupati Sepuh

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Memperingati 276 tahun berdirinya Kabupaten Sragen, Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kusdinar Untung Yuni Sukowati – Suroto mengunjungi kediaman sejumlah mantan Bupati dan Wabup Sragen, Kamis (26/05/2022). Selain silaturahmi, kunjungan dilakukan dalam rangka meminta masukan dan saran dari para bupati sepuh.

Kunjungan diawali menyambangi kediaman Sujadi, mantan Plt Bupati Sragen, di Kartasura Sukoharjo. Kemudian dilanjutkan di kediaman mantan Wabup Dedy Endriyatno dan terakhir ke rumah Untung Wiyono, mantan bupati dua periode di Dayu, Karangmalang. Sebenarnya rombongan juga dijadwalkan mengunjungi kediaman mantan Bupati Agus Fatchurrahman, namun yang bersangkutan sedang acara luar kota.

Bersama rombongan bupati, turut mendampingi Sekda Sragen, Tatag Prabawanto dan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Para pejabat tersebut banyak mendapat ilmu dan wejangan untuk menjalankam roda pemerintahan dari pemimpin senior yang dikunjungi.

Seperti saat mengunjungi Bupati Sepuh, Untung Wiyono, para pejabat diingatkan untuk terus bekerja secara profesional demi kemajuan Sragen. Apalagi untuk para ASN, diminta tidak terlalu fanatik dengan siapapun pemimpinnya. “Bupati dan wabup itu lima tahun sekali berganti karena proses demokrasi. Makanya biasa sajalah, jangan terlalu fanatik,” ujar Untung di depan bupati dan anak buahnya.

Ayahanda Bupati Yuni ini juga bersyukur saat ini Sragen sudah banyak kemajuan. Dia menceritakan saat menjabat Bupati Sragen dulu, angka kemiskinan sangat tinggi, bahkan mencapai 40 persen. Berkat berbagai program dan terobosan yang dilakukan pemerintah, angka kemiskinan Sragen terus menurun. “Termasuk jumlah pengusaha atau saudagar di Sragen dulu paling hanya 1 persen. Sekarang jumlah pengusaha mulai kecil menengah dan besar mungkin sudah lebih dari 30 persen,” tandasnya.

Untuk infrastruktur jalan dan jembatan, Untung menilai saat ini Sragen kondisinya sudah bagus. Tinggal bagaimana melakukan maintenance untuk menjaga infrastruktur tersebut tetap baik.

“Saya dulu juga sudah meletakkan pondasi ketahanan pangan dengan surplus beras hingga Sragen dikenal sebagai salah satu lumbung beras nasional. Sekarang alhamdulilah surplus beras juga makin meningkat,” tuturnya.

Sementara, Bupati Yuni mengatakan kegiatan anjangsana para pemimpin dahulu ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan saat peringatan hari jadi Kabupaten Sragen. Tradisi bagus ini sudah dilakukan rutin bertahun-tahun dan akan terus dilanjutkan ke depannya.

“Sebenarnya kami juga sudah agendakan mengunjungi Bupati Sepuh Agus Fatchurrahman. Tapi beliaunya sedang acara di luar kota bersama keluarga,” ujarnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI