Perketat Protokol Kesehatan, Satpol PP DIY Siapkan Strategi Khusus

YOGYA, KRJOGJA.com – Sejumlah upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY untuk mengantisipasi penularan Covid19. Khususnya yang berkaitan dengan penegakan protokol kesehatan di masa tanggap darurat, seperti melakukan physical distancing, mengenakan masker dan rajin mencuci tangan.

Agar upaya yang dilakukan bisa maksimal, Satpol PP DIY akan melakukan langkah strategis untuk meningkatkan kepatuhan para pelaku usaha hingga hotel. Adapun bentuknya dengan membuat semacam blangko dan diberi skoring.

“Ada beberapa kategori tempat usaha restoran hotel tempat wisata skornya berapa. Nanti akan kami tempel di sana catatan yang harus diperbaiki. Strategi ini diharapkan bisa menjadi efek jera bagi pelaku usaha yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Karena skor yang dipajang akan jadi penilaian masyarakat,” kata Kasat Pol PP DIY Noviar Rahmad di Yogyakarta, Jumat (26/6).

Noviar mengungkapkan, sebetulnya sejumlah upaya sudah dilakukan untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat agar mereka menaati protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Walaupun dalam realitanya belum sepenuhnya sesuai dengan harapan, karena masih ditemukan adanya pelanggaran. Seperti adanya kerumunan atau warga yang tidak mengenakan masker. Oleh karena itu dengan adanya perpanjangan status Tanggap Darurat Bencana Covid-19 di DIY hingga 31 Juli, pihaknya sengaja menyiapkan strategi khusus.

“Adanya perpanjangan status tanggap darurat secara tidak langsung menjadi tantangan tersendiri bagi kami dalam penegakan protokol kesehatan. Sebetulnya imbauan kami masih sama tetap menyiapkan
hand sanitizer, cuci tangan, jaga jarak. Dengan cara ini kami berharap masyarakat bisa proaktif. Apalagi Gubernur DIY selalu menekankan bahwa masyarakat adalah subjek bukan objek,” tegas Noviar. (Ria)

BERITA REKOMENDASI