Peternak Ikan Bantu Kelangkaan Gas Oksigen di RS

Editor: KRjogja/Gus

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Peternak ikan yang biasa menggunakan gas oksigen dalam pengemasan dan pengiriman benih ikan, diajak kerjasama oleh Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara dalam menghadapi kelangkaan gas oksigen di tengah melonjaknya kasus Covid-19.

Direktur RSI Banjarnegara dr Agus Ujianto SpB Rabu (30/6) mengatakan, gas oksigen sangat urgen untuk membantu pasien Covid-19 yang dirawat. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen, RSI berburu ke peternak ikan beberapa kecamatan merupakan sentra perikanan.

“Kami sangat terbantu. Mereka sebenarnya sangat mmbutuhkan oksigen, namun mereka memiliki kesadaran tinggi untuk menolong terkait kesehatan dan kemanusiaan. Kami sangat berterimakasih kontribusi peternak ikan,” kata Agus.

Menurut Agus, kini peternak ikan menjadi relawan kemanusiaan untuk mencarikan gas untuk rumah sakit. “Semalam saya dapat informasi, peternak mencari gas sampai Cilacap. Alhamdulillah dapat 17 tabung gas. Ini sangat luar biasa,” katanya.

Kebutuhan oksigen di RSI Banjarnegara mecapai 100 tabung/hari. Satu pasien jika kondisinya kurang baik, satu tabung besar bisa habis dalam waktu satu jam.

BERITA REKOMENDASI