Petugas Biro Teknik Listrik Tewas Kesetrum

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Petugas Biro Teknik Listrik (BTL) swasta bernama Giyatmo (53) tersengat listrik tegangan tinggi saat mengerjakan sambungan baru di Dusun Munggur Kidul Rt 01/Rw XIII Kelurahan Bejen Karanganyar Kta, Senin (15/11/2021). Kecelakaan itu menewaskannya.

Tubuhnya tersangkut di tiang listrik berketinggian puluhan meter. Korban yang merupakan warga Pandan Lor Rt 04/Rw XIV ini mengawali kegiatannya bersama Sakiman (59) warga Klaruan, Palur, Mojolaban, Mujiyanto (37) warga Kecamatan Bulu, Sukoharjo dan Heri Setiawan (43). Mereka hendak memasang sambungan listrik baru pesanan dari salah satu warga setempat.

Ketiganya memulai bekerja pukul 10.00 WIB yang mana jaringan listriknya sudah diputus (ground) di wilayah Munggur Kidul Bejen Karanganyar. Proyek itu dari PLN dengan tender PT Fajar Indo Wahyu Utama Karanganyar. Setelah selesai memasang jaringan, korban mengira alirannya masih terputus sehingga memutuskan naik ke tiang listrik utama sekitar pukul 15.00 WIB. Namun perkiraannya salah. Saat berada di ketinggian, tubuhnya kesetrum kabel besar beraliran listrik tegangan tinggi.

Parahnya lagi, teman-temannya terlambat mengetahui hal itu. Salah satu temannya yang naik, kaget melihat korban sudah tergantung di atas tiang listrik. Kemudian langsung memutus aliran listrik agar korban segera diberi pertolongan. Kapolsek Karanganyar Iptu Nawangsih membenarkan kejadian tersebut. “Iya kejadian petugas BTL tersengat aliran listrik meninggal dunia,” tandasnya.

Menurut Kapolsek, berdasarkan hasil visum luar oleh Dr Avivan yang juga Dokter Jaga RSUD Karanganyar menyampaikan bahwa Korban sampai di RSUD sudah tidak bernafas, pupil midriasis, detak jantung dan nadi sudah tidak ada. Pihak keluarga telah menerima kejadian tersebut sebagai musibah dan telah membuat surat pernyataan, bahwasannya tidak menghendaki autopsi. (Lim)

BERITA REKOMENDASI