Program KIHAJAR Dimulai, Semua Dilakukan Daring

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program KIHAJAR 2020 yang memiliki format berbeda dengan tahun sebelumnya. Semua kegiatan diselenggarakan secara daring yang dimulai pada 23 Juli 2020.

“Apa itu KIHAJAR 2020? yang jelas pada tahun ini, KIHAJAR hadir dengan format yang berbeda. Hadir dengan tampilan yang berbeda, hadir dengan kreativitas juga yang berbeda. Kalau di tahun-tahun sebelumnya kami secara luar jaringan menyelenggarakan KIHAJAR ini di 34 provinsi seluruh Indonesia, tapi karena situasi kali ini masih pandemi, kami sama-sama mengerti dan menyelenggarakannya secara daring,” ujar Kepala Pusdatin Kemendikbud M Hasan Chabibie.

Dia menjelaskan aktivitas “Kita Harus Belajar” atau KIHAJAR dilakukan secara daring dengan tetap melibatkan dinas pendidikan di daerah, Telkom, para guru, dan seluruh siswa di Tanah Air.

“Satu hal yang menurut saya menarik pada kesempatan kali ini, adalah lahirnya generasi-generasi KIHAJAR. Lahirnya anak-anak muda yang memang secara lahir penduduk asli digital. Adik-adik kita ini tadi yang kita lihat semua yang memperagakan pantomim, baca puisi, atau MC-nya tadi itu mereka adalah anak-anak pada zamannya,” ujarnya.

Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR) merupaka siswa yang turut serta dalam kegiatan KIHAJAR, yang tujuan utamanya adalah mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan memiliki kompetensi abad 21.

Pemanfaaan teknologi dalam proses pembelajaran maupun aktivitas sehari–hari menjadi suatu yang sangat dekat bagi GEN KIHAJAR .

“Mereka merupakan generasi yang dimana mereka sejak lahir sudah dikelilingi beragam teknologi dan biasa berinteraksi dengan komputer, gawai dan internet,” kata dia. Selain dengan logo baru, KIHAJAR tahun ini hadir dengan tiga varian baru, yakni KIHAJAR STEM, KIHAJAR EXPLORER dan KIHAJAR TIK Talks. KIHAJAR STEM merupakan media sosialiasi produk Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi, selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan literasi, motivasi dan pendidikan karakter dalam wujud kemandirian dan kejujuran.

Sementara, KIHAJAR EXPLORER hadir melalui akun Instagram tvedukasi_kemdikbud dengan memberikan pertanyaan setiap harinya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peserta akan diberikan tautan konten yang terdapat di portal Rumah Belajar, TV Edukasi maupun Suara Edukasi. Jawaban peserta dikirimkan melalui kolom komentar sesuai dengan postingan pertanyaannya di akun Instagram tvedukasi_kemdikbud setiap harinya.

Peserta yang boleh mengikuti KIHAJAR EXPLORER terbuka untuk semua jenjang pendidikan, baik di dalam negeri maupun siswa Indonesia di luar negeri.

Sementara, KIHAJAR TIK Talks diperuntukkan bagi para guru. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan literasi pemanfaatan TIK, kemandirian dalam pengembangan TIK untuk pendidikan dan sebagai sarana sosialisasi dari pemanfaatan konten Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi. Semua kegiatan diselenggarakan secara daring yang dimulai pada 23 Juli 2020.(ati)

BERITA REKOMENDASI