Pantau Kedatangan Pemudik, Bhabinkamtibmas Diterjunkan

user
tomi 25 April 2021, 17:38 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Bhabinkamtibmas Polsek Ngemplak diterjunkan untuk melakukan pendataan pemudik. Hal itu, dilakukan untuk mengantisipasi adanya pemudik yang sudah tiba di Yogyakarta, khususnya wilayah hukum Polsek Ngemplak.

"Petugas Bhabinkamtibmas sudah kami arahkan untuk melakukan pemantauan kedatangan pemudik. Mereka juga telah berkoordinasi dengan RT, RW maupun tokoh masyarakat yang ada dilingkup desa binaannya," kata Kapolsek Ngemplak AKP Endar Isnianto dikonfirmasi KR Minggu (25/4).

Dijelaskan Kapolsek, anggota Bhabinkamtibmas yang ada di Polsek, diterjunkan untuk melakukan sambang kepada RT maupun RW di wilayah binaannya. Selain sambang kamtibmas, petugas juga meminta agar RT maupun RW menginformasikan ke polisi jika ada pemudik yang sudah tiba di kampung halaman. Selanjutnya, Bhabinkamtibmas akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 agar dilakukan langkah selanjutnya.

Kapolsek mengungkap, dari beberapa padukuhan yang didatangi, belum ditemukan pemudik yang sudah pulang ke kampung halamannya. "Yang jelas sesuai aturan, jika ada pemudik harus dilengkapi dokumen perjalanan dan karantina 5x24 jam dengan biaya ditanggung sendiri. Jika ada pemudik, kami akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19," tandasnya.

Terkait kamtibmas jelang Lebaran, Kapolsek mengatakan, pihaknya telah mengintensifkan patroli di wilayah dan jam rawan gangguan. Ia mengimbau, agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga barang berharga. "Selain memamtau kedatangan pemudik, jelang Lebaran kita juga menggiatkan patroli untuk mengantisipasi kriminalitas dan gangguan lainnya," pungkas AKP Endar. (Ayu)

Kredit

Bagikan