Peringati Hari Jadi Kendal, Bupati Ziarah ke Makam Tumenggung Rajekwesi

user
agus 29 Juli 2020, 10:49 WIB
untitled

KENDAL, KRJOGJA.com - Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan Hari jadi Kabupaten Kendal di tengah pandemi covid 19 dilaksanakan dengan cara sederhana. Salah satunya berziarah ke makam Tumenggung Rajekwesi atau Ki Gede kemangi di desa Jungsemi Kecamatan Kangkung. Ziarah bermaksud untuk mengenang jasa para pendiri Kabupaten Kendal, karena Ki Gede Kemangi merupakan panglima perang mataram yang juga tidak bisa lepas dari Tumenggung Bahurekso Bupati Pertama Kendal.

Tumenggung Rajekwesi, seperti diketahui adalah salah satu Tumenggung dari Mataram yang ikut membantu Tumenggung Bahurekso Kendal saat menyerang para penjajah Belanda. Selain memiliki ilmu kanuragan yang tinggi, Tumenggung Rajekwesi juga memiliki ilmu kebatinan yang kuat, sehingga diberi amanah oleh Tumenggung Bahurekso Kendal yang kala itu menjadi Panglima Perang Kerjaan Mataram untuk memimpin rapat rahasia 27 Tumenggung Mataram dalam menyusun strategi penyerangan ke Batavia.

Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si yang hadir bersama Ketua DPRD Kendal H. Muhammad Makmun beserta Wakil Ketua DPRD Kendal, Forkopimda, Forkopimcam Kangkung dan para kepala desa se- Kecamatan Kangkung bersama-sama memanjatkan doa untuk almarhum para pendiri Kabupaten Kendal. Pembacaan doa dipimpin oleh Kiai Kasturi selaku juru kunci makam dengan bacaan tahlil.

Bupati Mirna mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud penghormatan kepada para pendiri dan pembesar Kabupaten Kendal. “Pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal, kami selalu melakukan doa bersama sebagai wujud penghormatan atas jasa-jasa para pejuang, pendiri, dan pembesar Kabupaten Kendal terdahulu,” ujar Mirna Rabu (29/7).

Bupati Mirna juga berharap, tidak pernah melupakan dan selalu berdoa untuk para perjuangan dan para tokoh Kabupaten Kendal memiliki sejarah yang luar biasa dalam perjuangan mengusir para penjajah, sehingga dari sejarah inilah generasi muda akan memiliki semangat yang tinggi dan memiliki karakter yang kuat untuk cinta terhadap tanah air kelahirannya. (Ung)

Credits

Bagikan