PLS SMPN 1 Nanggulan, Menyemai Benih Prestasi di Tengah Pandemi

user
tomi 16 Juli 2020, 19:35 WIB
untitled

NANGGULAN, KRJOGJA.com - Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) telah digelar di SMP Negeri 1 Nanggulan pada 13-15 Juli 2020. Kegiatan PLS diikuti oleh seluruh peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021 secara shift atau bergantian dengan pengaturan hari dan tanggal pelaksanaan serta jumlah peserta PLS.

"Kegiatan PLS dimaksudkan untuk mengenalkan berbagai elemen sekolah; pengenalan lingkungan, tenaga pendidik dan kependidikan, maupun berbagai program sekolah, baik akademik maupun nonakademik. Meskipun waktu pelaksanaannya tergolong sangat singkat diharapkan program ini dapat menumbuhkan semangat belajar, semangat berprestasi, dan semangat berkompetisi khususnya bagi Kelas Khusus Olahraga (KKO)," papar Dra. Erni Etik Suyanti, M.Pd., Kepala SMP Negeri 1 Nanggulan, dalam diskusi dan evaluasi penyelenggaraan kegiatan PLS.

Menurut Erni 192 peserta didik, yang merupakan hasil seleksi untuk kelas reguler maupun Kelas Khusus Olahraga (KKO), dibagi ke dalam kelompok-kelompok kelas dengan nama tokoh pewayangan, yakni Puntadewa, Werkudara, Janaka, Nakula, Sadewa, dan Gatotkaca. Selanjutnya masing-masing kelas mendapatkan jadwal PLS dengan hari dan tanggal, alokasi waktu, serta pengaturan tempat duduk yang sudah dioptimalkan sesuai standar protokol kesehatan masa darurat covid 19.

“Keterbatasan dalam mengenal program sekolah, teman, Bapak/Ibu guru, kakak kelas, berbagai fasilitas kegiatan, juga tanpa adanya kesempatan menikmati masa-masa awal pembelajaran yang penuh canda tawa semoga tidak menyurutkan semangat para siswa dalam mengukir prestasi di hari nanti,” papar Dra. Erni Etik Suyanti, M.Pd.

Sementara itu, Pandaya, M.Pd. selaku pengawas Pembina dalam kegiatan pemantauan pelaksanaan PLS pada Selasa, 14 Juli 2020 di SMP Negeri 1 Nanggulan menjelaskan pelaksanaan PLS harus dimaksimalkan mengikuti anjuran atau protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Adapun tindakan protokol kesehatan yang telah diterapkan dalam pelaksanaan PLS ini adalah peserta dan pemateri bermasker selama kegiatan PLS berlangsung, pengantar/penjemput tidak boleh bergerombol, pengecekan suhu badan, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Cakupan materi PLS sendiri antara lain meliputi visi, misi, dan kebijakan sekolah; tata tertib dan program ekstrakurikuler; BDR daring/luring; belajar efektif, tata krama, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK); pola hidup bersih/sehat; upacara bendera; dan pengenalan lingkungan. Kesemua materi ini dikemas dalam bentuk tayangan slide atau power point dengan tujuan agar semua materi bisa tersampaikan dengan durasi waktu yang terbatas serta untuk membantu mempermudah pemahaman peserta didik. (*)

Credits

Bagikan