Ini Caranya Bujuk Anak agar Mau Mengikuti Protokol Kesehatan ke Sekolah

user
tomi 16 Juli 2020, 05:35 WIB
untitled

AWAL  tahun ajaran baru sudah dimulai. Banyak sekolah mulai buka lagi, dan anak-anak sudah ada yang masuk sekolah di tengah pandemi Covid-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai mengeluarkan aturan-aturan untuk membawa kembali anak-anak ke bangku sekolah.

Meskipun Pandemi Covid-19 masih berlangsung, namun Kemendikbud menyatakan bahwa sekolah akan mulai bertahap untuk dibuka kembali, khusus untuk daerah yang sudah berstatus zona hijau.

Kendati demikian, anak-anak biasanya enggan melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi seperti menggunakan masker ke sekolah ataupun mencuci tangan. Oleh karena itu, perlu bimbingan orangtua agar anak mau mengikuti peraturan yang berlaku.

Psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psi mengatakan, anak-anak mau mengikuti protokol kesehatan jika mereka memahami mengapa mereka harus melakukannya. "Nah, jadi cara membuat mereka memahami hal tersebut adalah dengan memberinya penjelasan. Bisa melalui diskusi dengan anak tentang apa saja yang harus mereka lakukan kalau sekolah kembali tatap muka," jelas Vera saat dihubungi Okezone pada Selasa (14/7/2020).

Vera melanjutkan, anak-anak perlu diberikan kalimat penekanan yang menyatakan bahwa sangat penting bagi mereka untuk mematuhi protokol kesehatan. Jelaskan juga bahaya yang mengintai jika mereka tidak melaksanakan protokol kesehatan tersebut. "Tekankan pada mereka betapa pentingnya anak-anak untuk mengikuti protokol kesehatan karena bahaya penyakit yang masih mengintai," pungkasnya. (*)

Credits

Bagikan