SMK N 1 Sanden, Cetak Siswa Berjiwa Entrepreneur

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Salah satu kunci keberhasilan dalam memajukan bangsa ialah tumbuhnya jiwa entrepreneur dikalangan generasi muda. Sejauh ini wirausaha masih mendominasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Oleh karena itu sejak dini mesti didorong tumbuhnya jiwa entrepreneur di kalangan generasi muda.

“Ini (entrepreneur) penting, karena untuk memajukan bangsa tanpa entrepreneur perkembangannya akan susah serta lambat untuk mengatasi ketertinggalan bangsa ini terutama masalah ekonomi,” ujar Ketua Jurusan Bidang Agribisnis Budidaya Perikanan SMK N 1 Sanden, Sutrisno SP disela menerima kunjungan siswa SMP Negeri 1 Sanden Jumat (29/07/2022).

Sutrisno menyadari dalam membentuk karakter seseorang untuk menjadi wirausahawan tidaklah mudah. Tidak cukup dengan motivasi dan edukasi, tetapi harus ditunjukkan sebuah potensi yang memang punya prospek untuk dikembangkan di masa depan. “Harus kita cetak calon-calon wirausaha muda dari sini, kita tunjukkan sebuah peluang usaha yang bisa dijalankan serta berprospek serah di masa yang akan datang,” ujarnya.

Oleh karena itu dengan kunjungan siswa SMP Negeri 1 Sanden tersebut siswa terdorong berpikir lebih kritis, lebih kreatif, inovatif dalam hal penerapan kurikulum Merdeka khususnya P5 yaitu tentang wirausaha. “Kita dapat kunjungan dan kepercayaan dari SMP 1 Sanden terima kasih kerjasamanya mudah-mudahan dengan kerjasama ini bisa memberikan wawasan kepada generasi muda penerus kita,” jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, sekaligus membuka wawasan nusantara tentang cinta tanah air, khususnya di bidang kemaritiman, agribisnis budidaya perikanan. “Mudah-mudahan ilmu yang didapat dari SMK N 1 Sanden bisa diterapkan sebagai bekal merintis wirausaha bidang budaya perikanan,” ujarnya. Siswa juga mampir ke jurusan neutika kapal penangkap ikan.

Sutrisno mengatakan SMK Negeri 1 Sanden juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkunjung melihat langsung tentang potensi budidaya ikan untuk dijadikan sebagai usaha. “Silakan mengunjungi SMK Negeri 1 Sanden untuk melihat serta belajar tentang potensi budidaya ikan yang cukup terbuka prospeknya,” kata Sutrisno. (Roy)

BERITA REKOMENDASI