SPFA Gandeng FIK UNNES Kembangkan Sport Science

Editor: Ivan Aditya

PATI, KRJOGJA.com – Ditengah persiapan gelaran Liga 2 nasional, PSG Pati juga menyiapkan Safin Pati Football Academy (SPFA) untuk terus berinovasi. Yakni teken MoU dengan FIK Universitas Negeri (Unnes) Semarang.

Dukungan penguatan keilmuan yang diberikan FIK Unnes, terdiri dari soal gizi atlet, pembinaan fisik atlet, evaluasi hasil latihan, biomekanika olahraga, psikologi olahraga, fisiologi olahraga, sport massage hingga sport management dan sport event organizer.

“Lulusan SPFA bisa melanjutkan kuliah di FIK Unnes. Sehingga siswa SPFA bisa mempersiapkan diri untuk masa depannya,” demikian diungkapkan Pembina Yayasan Safin Bina Bangsa, H Saiful Arifin SE, Jumat (19/03/2021).

Untuk mahasiswa FIK Unnes, akan menjadi mitra magang (praktik kerja lapangan) di SPFA. Seperti dari prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (S1), Ilmu Keolahragaan (S1) dan Ilmu Gizi (S1). “Kerjasama ini akan berlaku mulai tahun ajaran baru 2021/2022” ucap Saiful Arifin yang biasa dipanggil Safin.

Sementara itu, CEO SPFA, Rudy Eka Priyambada mengaku bangga atas kerjasama FIK Unnes. “Karena akan membangun sport science guna meningkatkan performance player dan tim,” ungkapnya.

SPFA Mojoagung Trangkil Pati, memiliki siswa-siswa dari penjuru tanah air, yang duduk di bangku SD, SMP dan SMA. Mereka masuk kategori U-13, U-15 dan U-17.

Dekan FIK Unnes, Dr Tandiyo Rahayu, M.Pd berharap SPFA Pati bisa menjadi laboratorium lapangan untuk kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

“FIK Unnes akan memberikan dukungan dengan memfasilitasi SPFA dalam penyelenggaraan pendidikan atlet, dan evaluasi performa atlet secara berkala,” kata Tandiyo Rahayu. (Cuk)

BERITA REKOMENDASI