Taman Senja Ngelo Tawarkan Keindahan Alam Pohon Bambu

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Masyarakat Kalurahan Kanoman Pleret Bantul menggarap lahan yang penuh tumbuhan liar di pinggir sungai Opak untuk disulap menjadi distinasi wisata alam yang sekarang mulai banyak didatangi pengunjung.

Lurah Kanoman, Taufiq Kamal SKom ScS di lokasi objek wisata baru yang diberi nama Taman Senja Ngelo, Kanoman memaparkan, lokasi Taman Ngelo semula merupakan lahan kosong yang banyak semak belukar dan rumpun bambu.

Beberapa bulan lalu masyarakat setempat muncul ide membuka tempat wisata di lokasi tersebut. Ide tersebut disampaikan kepada pemerintah kalurahan setempat langsung mendapat respon. “Kami langsung mendukung keinginan masyarakat yang positif tersebut, kemudian mulai digarap dan disulap menjadi tempat wisata,” papar Taufiq.

Karena letaknya di pinggir sungai Opak banyak pohon bambu maka potensi yang bisa dijual kepada pengunjung utamanya keindahan alam yang berciri khas rumpun bambu yang ditata dan menampakkan seni tersendiri.

Disamping itu, di objek wisata baru dilengkapi perahu boot dan perahu dayung serta sejumlah gubung santai serta panggung seni. Nama Taman Senja Ngelo itu sendiri diambil dari nama pohon Lo yang sudah ada di lokasi taman.

Di lokasi wisata baru tersebut juga dibangun warung-warung makanan dan minuman serta mainan anak-anak, sehingga semakin hari semakin banyak pengunjung.

“Secara resmi kami belum membuka Taman Senja Ngelo ini, tetapi pengunjung mulai berdatangan, warung makannya juga laris, dari kegiatan wisata di Taman Senja Ngelon juga sudah mulai menyerap tenaga kerja,” imbuh Taufiq.

Karena masih masa pandemi Covid dan masih diberlakukan PPKM level 3 sehingga pengunjung di Taman Senja Ngelo wajib protokoler kesehatan ketat. (Jdm)

 

Keindahan Taman Senja Ngelo di Kanoman Pleret. (Foto : Judiman)

BERITA REKOMENDASI