UMS Ciptakan Robot Suryaku

SOLO, KRJOGJA.com – Mahasiswa Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuat robot untuk mendukung pelayanan kesehatan yang aman bagi dokter dan tenaga medis yang merawat pasien Covid 19. Robot yang diberi nama Suryaku dideain mampu menghubungkan pasien dengan dokter/perawat secara online.

Selain itu robot Suryaku juga mampu melaporkan suhu badan pasien maupun detak jantung. “Ke depan kami berharap Suryaku bisa lebih canggih lagi,” kata rektor Prof Dr Sofyan Anif MSi ketika menyerahkan robot itu kepada RS PKU Muhammadiyah Solo, Sabtu (10/10). Robot diterima Prof Dr Muhammad Da’i.

Lahirnya robot Suryaku bertolak dari keprihatinan banyaknya dokter maupun perawat yang meninggal dunia ketika menangani pasien Covid 19. Padahal Muhammadiyah memiliki banyak rumah sakit. Untuk tahap pertama robot Suryaku diperuntukkan untuk RS PKU Solo.

Ketika menerima bantuan tersebut Prof Da’i yang mewakili RS PKU menyatakan terima kasih. Robot Suryaku bisa mengurangi interaksi dokter/perawat dengan pasien Civid 19. Dari ruang terpisah dokter sudah bisa berkomunikasi dengan para pasien. Karena robot dilengkapi layar monitor dan microfone.

Robot Suryaku digarap dalam waktu sekitar 1 bulan menghabiskan dana sekitar Rp 40 juta. Prof Sofyan Anif menyatakan temuan ini punya nilai ibadah. Robot generasi kedua kami harapkan lebih lengkap. Misalkan ditambah tangan. “Sekarang kan belum ada tangannya,” tambahnya. (Qom)

BERITA REKOMENDASI