Unimus Tambah Doktor Teknik Industri Pertanian

Agus Suyanto berhasil mempertahankan disertasinya “Rekayasa Proses Ekstraksi dan Nanoenkapsulasi Ekstrak Flavour Kawista (Feronia limonia)” dengan nilai ujian Sangat Memuaskan . Peserta sidang di ruang zoom meeting mendekati 100 orang dari berbagai kalangan baik akademisi, peneliti, birokrat, dan lain sebagai dari berbagai daerah di Indonesia.

“Alhamdulillah para kolega dosen dari Sabang (Unsyiah Banda Aceh) sampai Merauke (Universitas Papua) mengikuti dan menyimak dengan baik jalannya ujian. Dari kalangan birokrat hadir Bupati Banyuwangi 2 periode (2010-2020) Abdullah Azwar Anas SPd MSi. Juga ada kolega dari agamawan Mudir Ma’had Al Ukhuwah Islamiyah Semarang KH M Ainul Yaqin dan pengurus LPPOM MUI Jawa Tengah. Tak ketinggalan teman-teman studi dari progam doktor IPB University,” jelas Agus Suyanto.

Prof Dr Taufik Djatna STP MSi selaku prodi mengawal kualitas lulusan agar sesuai dengan luaran pembelajaran program doktor IPB University seraya mengingatkan promovendus agar melanjutkan risetnya hingga tahapan hilirisasi produk.

“Potensi yang telah digali dari gap research merupakan suatu prototype yang dapat dikembangkan, bahkan sampai kepada produk-produk turunan dari ekstrak flavour kawista yang ternyata tidak hanya fungsi flavour saja tapi juga peran fungsionalnya bagi kesehatan” ujar Prof Taufik.

Sedangkan pimpinan sidang Prof Erliza Noor di akhir sesi memaparkan kebaruan hasil risetnya. Agus Suyanto selama studi, ujar Prof Erliza, telah memaparkan hasil-hasil risetnya dalam dua kali seminar nasional dan tiga kali konferensi internasional baik di dalam maupun luar negeri. Kebaruan dari risetnya yaitu memperoleh rendemen ekstrak kasar flavour kawista 14,95% (WB), peningkatan senyawa utama flavour yaitu Ester sebanyak 66,67%, dan dengan rancangan Response surface metodhology (RSM) memperoleh kesesuaian model dan kondisi riil nanokapsul dalam hal ukuran partikel (particle size analysis) dan retensi atau flavour (volatile reduction substance).

Agus Suyanto yang lahir di Magetan 13 Maret 1971 menempuh pendidikan formal sarjana di jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Negeri Jember (Unej)1994, pendidikan magister dijalaninya di Ilmu Gizi Undip Semarang (2004) dan menempuh jenjang S3 Teknik Industri Pertanian IPB beasiswa dari program BUDI-DN Kementrian Riset Dikti. Banyak pengalaman riset telah dilakukan baik tingkat lokal, nasional maupun internasional. Agus Suyanto segera “kembali” ke kampus setelah 4,5 tahun melaksanakan tugas belajar.

“Selamat Pak Dr Agus Suyanto STP MSi atas capaiannya, semoga membawa berkah. Bagi Unimus semakin memperkuat tim dosen untuk tugas catur darma perguruan tinggi Muhammadiyah,” sambut WR I Unimus Dr Budi Santoso MSi Med.

Dengan merendah Agus Suyanto dalam sambutan setelah kelulusan menyampaikan suksesnya karena sukses orang-orang hebat di belakang dirinya. Yaitu kedua orang tua, anak istri, civitas akademika Unimus, juga tim pembimbing dari IPB dan kolega-kolega. Disamping membagikan ringkasan disertasi kepada hadirin virtual, agar semakin menambah kebaikannya Agus Suyanto memberikan souvenir buku (softcopy) “Mata Air Kebaikan” berisi seri motivasi sukses studi S3 dan motivasi lainnya. (sgi)

BERITA REKOMENDASI