Unnes Kukuhkan Dua Profesor Baru

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG,KRJOGJA.com – Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Fathur Rokhman MHum kembali mengukuhkan 2 professor baru, Prof Dr S Martono MSi (guru besar bidang ilmu manajemen) dan Prof Heri Yanto MBA PhD (guru besar bidang Ilmu Akuntansi Biaya), Rabu (30/6/2021).

Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Auditorium kampus Sekaran Gunungpati secara Daring dan Luring terbatas dengan penerapan protokol ketat.

Pada pengukuhannya, Prof Dr S Martono MSi menyampaikan orasi ilmiah “Dinamika Konflik dalam Pespektif Kepemimpinan Adaptif” sedangkan Prof Dr Heri Yanto menyampaikan orasi ilmiah “Startegi Penguatan Implementasi SAK_EMKM dengan Academic and Accounting Student Deployment Program dalam Kebangkitan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi”.

Prof Dr S Martono MSi saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor II (Bidang Umum dan Keuangan) Unnes, kelahiran Rembang, 8 Maret 1966. Mendalami Ekonomi sejak tahun 1984, memperoleh gelar Sarjana di IKIP Semarang dalam program studi Pendidikan Dunia Usaha, Bidang Administrasi Perkantoran. Berhasil meraih gelar magister di Universitas Airlangga pada program studi ilmu manajemen dan 2012 gelar doktor di bidang ilmu ekonomi diperoleh di Universitas Diponegoro.

Fokus Kajian Prof Martono yaitu manajemen dalam perspektif kepemimpinan adaptif. Buah pemikirannya telah disarikan dalam 6 buku yang ditulis dalam 5 tahun terakhir, yang paling mutakhir buku bertajuk Manajemen Era Disrupsi, Perubahan Organisasional dan Kepemimpinan.

Sepanjang 32 tahun mengabdi berbagai tugas tambahan pernah diamanahi Prof Martono mulai menjadi Pendamping Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi dan sejak 2015 dipercaya sebagai Wakil Rektor II Unnes sampai sekarang.

Tak hanya bersinar di kampus, ayah dari 1 orang putri ini juga sempat menjadi Ketua Umum Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia Jawa Tengah 2011-2020, Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Ekonomi Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan Se Indonesia 2011-2015, Ketua Forum Wakil/Pembantu Rektor Bidang II PTN BLU 2017-2020.

Dibawah kepemimpinannya yang tegas dan disiplin, Prof Martono berhasil membawa reputasi gemilang Unnes. Unnes berhasil masuk peringkat 4 terbaik pelaporan bidang keuangan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 2016, selain itu Unnes juga meraih Peringkat Pertama Kategori Satuan Kerja Terbaik 2018 . dan yang paling mutakhir Unnes meraih peringkat Terbaik Pertama Nilai Kinerja Anggaran Tahun Anggaran 2020 dari Kemendikbud. Unnes juga meraih 4 kali WTP Berturut-turut dan berhasil menduduki Peringkat 3 dalam penyerapan anggaran dari Kemenkeu.

BERITA REKOMENDASI