Vaksinasi Massal Dimulai April

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan semua warga negara RI akan mendapatkan vaksin dimulai April 2021. Kini pemerintah tengah memprioritaskan vaksinasi untuk tenaga kesehatan hingga akhir Februari. Lalu vaksinasi akan dilakukan kepada tenaga pelayanan publik pada Maret-April.

Budi mengatakan, setelah kelompok tenaga kesehatan, pemerintah akan melanjutkan vaksinasi terhadap tenaga layanan publik, seperti TNI dan Polri. “Sesudah nakes 1,5 juta pada akhir Februari, kita akan masuk ke tenaga layanan publik termasuk TNI dan polri masuk di kategori ini, jadi diharapkan mulai awal Maret kita sudah bisa melakukan suntikan untuk layanan publik,” ujarnya.

Dilanjutkan vaksinasi kepada seluruh masyarakat Indonesia ditargetkan dapat dilaksanakan pada akhir April 2021. Program vaksinasi tersebut harus cepat dilakukan untuk melihat lama kekebalan imun yang ditimbulkan vaksin.

“Kenapa perlu cepat? Karena sampai sekarang kita belum tahu vaksin ini kekebalannya bertahan berapa lama, apakah ini seperti vaksin meningitis kalau kita naik haji dan umrah yang bisa bertahan dua tahun atau seperti vaksin Hepatitis lebih lama kekebalannya,” demikian Menkes.

BERITA REKOMENDASI