Virus Demam Berdarah Dengue Dapat Infeksi Segala usia

Terkait, Demam berdarah dengue yang merupakan penyakit virus paling cepat menyebar yang ditularkan melalui perantara nyamuk dan merupakan salah satu dari 10 ancaman teratas WHO terhadap kesehatan global pada tahun 2019. Demam berdarah dengue terutama disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan, pada tingkat yang lebih rendah, oleh nyamuk Aedes albopictus.

 

Penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari empat serotipe virus yang masing-masing dapat menyebabkan demam berdarah dengue atau demam berdarah dengue tingkat parah. Prevalensi serotipe individu bervariasi di berbagai wilayah geografis, negara, kawasan, musim serta dari waktu ke waktu. Pemulihan dari infeksi oleh satu serotipe memberikan kekebalan seumur hidup terhadap hanya serotipe tersebut, dan kemudian paparan kepada salah satu serotipe yang tersisa dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit di tingkat yang parah.

 

Demam berdarah dengue dapat dengan mudah berkembang menjadi pandemi, dan wabah diamati di kawasan tropis dan sub-tropis yang baru-baru ini menyebabkan wabah di beberapa kawasan di Amerika Serikat dan Eropa. Sekitar setengah dari populasi dunia saat ini hidup di bawah ancaman demam berdarah dengue, yang diperkirakan dapat menyebabkan 390 juta infeksi dan sekitar 20.000 kematian secara global setiap tahunnya.

 

Takeda juga bermaksud menyampaikan pengajuan regulasi di Indonesia, Argentina, Brasil, Kolombia, Malaysia, Meksiko, Singapura, Sri Lanka, dan Thailand pada tahun 2021. Baca Juga: China Sumbang Vaksin, 100.000 Dosisnya Kini Tiba di Palestina

 

“Penyampaian pengajuan regulasi kandidat vaksin DBD TAK-003 menandai perkembangan penting bagi orang-orang yang tinggal atau bepergian ke berbagai komunitas yang terbebani oleh ancaman demam berdarah dengue,” kata Wallace .(ati)

 

 

BERITA REKOMENDASI