Wamen Desa Dukung Perjuangan Petani Tembakau

JAKARTA.KRJOGJA.com–Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi (Wamen Desa PDTT)  Budi Arie Stiadi mendukung perjuangan masyarakat petani tembakau yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI), menolak beragam upaya yang akan menggiring Pemerintah memberlakukan simplifikasi penarikan cukai rokok di tahun 2021 mendatang.

Simplifikasi penarikan cukai dan upaya kenaikan cukai rokok kembali di tahun 2021 mendatang, akan menambah beban penderitaan masyarakat petani tembakau yang sebagian besar hidup di pedesaan.  Padahal saat ini, akibat wabah Covid-19, perekonomian masyarakat termasuk masyarakat petani tembakau di pedesaaan semakin terpuruk.

“Sebagian besar masyarakat petani tembakau hidup di daerah pedesaaan. Apabila kebijakan simplifikasi penarikan cukai akan memberatkan petani tembakau, kami mendukung petani tembakau untuk berjuang menolak kebijakan simplifikasi cukai termasuk kenaikan cukai rokok. Jika masyarakat petani tembakau sejahtera, tentu desa tempat perkebunan tembakau dan masyarakat petaninya tinggal,  ekonominya akan maju dan sejahtera juga,” papar Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Stiadi, kepada pengurus APTI, kemarin di ruang kerjanya.

BERITA REKOMENDASI