Widya, Speaker Pintar Asli Yogya yang Bisa Bacakan Surat Al Quran hingga Bantu Belanja di Minimarket

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Goggle Assist atau Siri milik Apple saat ini menjadi asisten virtual yang banyak dibutuhkan masyarakat modern. Melalui suara, asisten virtual itu bisa membantu manusia melakukan apapun mulai mengingatkan waktu hingga mencari tahu pengetahuan-pengetahuan atau informasi terkini di berbagai belahan dunia.

Siapa sangka Indonesia memiliki asisten virtual serupa yang bernama Widya. Widya berdiam di sebuah speaker pintar yang bisa membantu pemiliknya saat tersambung dengan koneksi internet.

Widya dikembangkan perusahaan lokal asal Yogyakarta, Widya Wicara Prima yang seluruhya dimiliki dan digerakkan anak-anak muda asli Indonesia. Menariknya, Widya bisa membantu pemiliknya untuk memudahkan ibadah umat Muslim.

Widya baru saja menambah fitur yang disebut Widya Wicara Islami, tepat 10 hari jelang mulainya Bulan Ramadhan. Fitur ini bisa membantu pemiliknya untuk lebih mudah menjalankan ibadah.

Direktur Widya Wicara Prima, Alwy Herfian Satriatama, mengungkap sampai saat ini ada 40 fitur yang disematkan dalam speaker pintar karyanya. Di dalam salah satu fitur yakni Widya Wicara Islami, pengguna bisa mengakses berbagai bacaan Al Quran, doa-doa Islam dan bahkan musik-musik Islami.

“Jadi pengguna cukup bertanya, ada beberapa pilihan, bisa bercakap-cakap dan dan akan langsung mendapat jawaban dari Widya ini. Kami setting di bulan Ramadhan ini agar bisa mendekatkan aktivitas ibadah seluruh keluarga. Speaker ini bisa jadi teman yang baik untuk keluarga. Dia bisa menceritakan cerita nabi, dzikir, membacakan surat Al Quran dan bahkan mengingatkan waktu sholat. Kami berharap speaker ini bisa menambah khusyuk ibadah di Bulan Ramadhan,” ungkapnya dalam sesi peluncuran di Tara Hotel, Sabtu (03/04/2021).

Menariknya, Widya kini sedang mengembangkan fitur menarik untuk memaksimalkan ibadah puasa penggunannya. Tak hanya mengingatkan waktu berbuka dan sahur, Widya bahkan bisa memberikan saran resep menu berbuka dan sahur pada penggunannya.

“Cukup bertanya, ada beberapa pilihan menu yang kita siapkan, nanti tinggal bercakap-cakap dan akan langsung disebutkan resepnya. Sekarang kita berharap seluruh Indonesia bisa menggunakan dan kedepan akan invasi ke internasional dengan bahasa Inggris. Satu dua tahun ini kami akan ekspansi ke Asia Tenggara setelah fitur Bahasa Inggris selesai,” tandas dia.

Sejak diluncurkan tahun lalu, Widya sebenarnya sudah memiliki berbagai fitur menarik untuk membantu penggunannya. Beberapa yang menarik diantaranya membantu pengguna membeli barang di gerai Alfamart, pemutar musik dan pengingat jadwal.

Untuk berbelanja, pengguna tinggal menyebutkan nama barang yang akan dibeli. Nantinya Widya akan membantu menghubungkan ke gerai minimarket dan barang akan diantarkan.

“Untuk gerai Alfamart sekarang sudah ada 200 lebih terintegrasi. Kami akan terus mendevelope fitur dan harapannya bisa mencapai 1000 seperti speaker pintar yang dimiliki pabrikan asing. Ini produk asli Indonesia yang harapannya bisa berjaya di negeri sendiri, terutama untuk menjaga keamanan data masyarakat pengguna,” pungkas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI