Wujudkan Bantul Kawasan Entrepreur Muda

BANTUL, KRJOGJA.com – Dampak pndemi Covid-19 yang menyebabkan resesi ekonomi , PHK , pengurangan karyawan menyebabkab warga berbondong-bondong berwirausaha untuk mempertahankan hidup. Sebagai respon atas maraknya kemunculan wirausaha, Pemkab Bantul bekerjasama dengan HIPMI Bantul dan perbankan mengadakan Pelatihan Kewirausahaan Pemuda 2020. Adapun target jangka panjang yang ingin dicapai yakni mewujudkan kawasan entrepreneur muda di Bantul.

“Seperti di kawasan Sukabumi yang tenar dengan julukan Kota Santri, kami terobsesi kedepan Bantul tenar dengan julukan Kota Entrepreneur Muda karena banyak dijumpai pengusaha muda. Kalau orang berkunjung ke Bantul akan terstigma kawasan dengan banyak anak muda produktif, kreatif serta banyak memiliki produk lokal yang unggul sehingga orang kalau mau belanja barang atau oleh-oleh yang berkualitas larinya ke Bantul. Itu obsesi kami,” ujar Konseptor sekaligus Anggota HIPMI Bantul, Deddy “Romero” Prasetyawan, Selasa (24/11) usai pelaksanaan Pelatihan Kewirausahaan Muda.

Sekdin Dinas Perdagangan, Priyo Harwijayanto menambahkan semakin banyak bermunculan wirausahawan baru dengan produk beragam dan bervariasi akan menggeliatkan perekonomian di Bantul. Pihaknya berharap kegiatan ini terus dilakukan tiap tahunnya demi keberhasilan usaha generasi muda sejak dini.

Senada, Kabid Dikpora Bantul, Joko Surono menambahkan kegiatan ini juga sebagai bagian dari terwujudnya One Village One Product (OVOP) di Bantul. Peserta yang mendaftar dalam pelatihan kewirausahaan dibatasi sebanyak 40 peserta karena mematuhi protokol kesehatan. Syarat peserta berusia kurang dari 30 tahun, ber KTP Bantul dan memiliki produk yang layak jual. Sementara animo yang mendaftar mencapai ratusan orang.

Beberapa narasumber yang dihadirkan seperti Coach Wulan (Pelatih Indonesia Life Bussines Coach), Yoga Shoppee (Digital Marketing), Rizki Farisi, BRI Bantul, (Manajemen Keuangan), Imam Syafi’i (PLUT DIY, Legalitas Usaha), Farkhan Nugroho (Purnama Grup, Peluang Bisnis di Masa Modern) dan Lusy Laksita Publik Speaking for UKM. (Aje)

BERITA REKOMENDASI