Artotel Group Peduli Lingkungan Melalui Program Artotel Earth

YOGYA, KRJOGJA.COM – Sejak tahun 2016, Artotel Group sudah mulai memberikan perhatiannya terhadap isu sosial dan lingkungan melalui program Artotel For Hope, yang digelar setiap akhir Tahun yaitu pada bulan Desember.

Kini, di tahun 2019, Artotel Group kembali menggalakkan isu kepedulian sosial menjadi program berkelanjutan terhadap lingkungan dengan mengganti nama program menjadi Artotel Earth, bekerjasama dengan Yayasan WWF-Indonesia sebagai mitra resmi program Signing Blue.

WWF-Indonesia melalui program Signing Blue mendorong pelaku industri pariwisata untuk melakukan praktik usaha yang bertanggungjawab dalam melestarikan keindahan bahari, dan Artotel Group sudah terdaftar sebagai member hotel dari program Signing Blue di mana hotel yang telah terdaftar dianggap sudah dinilai sebagai hotel yang ramah lingkungan.

Adapun kriteria penilaian sebagai hotel yang masuk dalam kategori ramah lingkungan yaitu, hotel sudah mulai mengurangi penggunaan plastik, pengaturan limbah ramah lingkungan, dan ikut mensejahterakan kelestarian bahari untuk sekarang dan masa mendatang.

Di tahun 2019 ini, program Artotel Earth bekerjasama dengan WWF-Indonesia mengusung tema "Mengurangi Sampah Plastik", dengan berbagai macam kegiatan, mulai dari pengumpulan donasi, pentas seni, hingga pada daur ulang sampah plastik.

Selama bulan Desember, Artotel menyisihkan Rp10.000 dari setiap kamar yang terjual untuk disumbangkan kepada WWF-Indonesia untuk kegiatan pelestarian kehidupan maritim dan pengelolaan limbah di Indonesia.

Selain itu, Artotel juga mengadakan pameran seni karya Mulyakarya, yang diselenggarakan mulai dari tanggal 1 Desember 2019 – 31 Januari 2020. Persentase dari hasil penjualan karya seni tersebut akan disumbangkan kembali ke WWF-Indonesia.

Kegiatan terakhir yaitu membuat cindera mata daur ulang, bekerjasama dengan TRI Upcycle, sebuah usaha sosial yang memproduksi barang-barang daur ulang untuk mengurangi sampah lingkungan.

CEO Artotel Group, Eratus Radjimin menegaskan bahwa melalui program Artotel Eart menunjukkan komitmen dari Artotel Group untuk terus peduli terhadap lingkungan sebagai pelaku industri pariwisata, dan terbuka untuk melakukan kerjasama dengan industri lainnya untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

"Melalui Artotel Earth kami juga terbuka untuk bekerjasama dengan institusi lokal lainnya yang memiliki visi dan misi yang sama terhadap lingkungan," pungkasnya. (Siti Halida Fitriati/ UIN Sunan Kalijaga)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI