Earth Hour 2018, Ini yang Dilakukan di Eastparc Hotel

Minggu ketiga di bulan Maret tepatnya pada hari Sabtu sudah ditetapkan sebagai Jam Bumi atau dikenal dengan Earth Hour. Peringatan Earth Hour ini dirayakan oleh seluruh masyarakat di dunia yang dicetuskan pertama kali oleh World Wide Fund for Nature (WWF). Pada tahun ini, Earth Hour jatuh pada 24 Maret 2018. Peringatan Earth Hour ini biasanya berupa kegiatan pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah, perkantoran, maupun tempat umum selama satu jam. Misi dari kegiatan ini pun tak lain adalah untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya sebuah tindakan konkrit yang serius dalam menghadapi perubahan iklim.

Berpartisipasi dalam Earth Hour 2018, seperti tahun-tahun sebelumnya, Eastparc Hotel juga turut melakukan kegiatan pemadaman lampu yang diberi nama Peteng – Eastparc for Earth Hour 2018. Selama kegiatan mematikan lampu mulai pukul 20.30 – 21.30 WIB, Eastparc Hotel meyajikan penampilan teater gerak oleh Teater Mishbah – Fakultas Bahasa dan Seni UNY di Jogja Night Market (lobby area Eastparc Hotel). Penampilan teater tersebut menceritakan tentang sejarah lampu dari jaman dahulu hingga era modern seperti sekarang. Para tamu pun ikut larut dalam alur ceritanya.

Menariknya, Easparc hotel mempersembahkan sebuah landmark berbentuk bumi sebagai simbol bahwa Eastparc hotel mendukung gerakan ini. Tidak hanya sampai disitu, landmark tersebut juga menjadi bagian cerita dari Teater Misbah.    

Eastparc juga turut mengundang beberapa komunitas peduli lingkungan seperti Earth Hour Jogja, Young On Top Jogja, KOPHI Jogja dan Perhumas Muda Yogyakarta. Tak lupa, rekan- rekan media juga diundang untuk dapat menyaksikan pernampilan teater pada program mematikan lampu selama satu jam tersebut. Acara ini tidak hanya untuk tamu undangan tetapi juga ditujukan kepada semua tamu yang menginap ataupun tamu luar yang hanya sekedar berkunjung ke Eastparc Hotel. Sembari menyaksikan penampilan wayang, tamu juga disuguhkan menu-menu angkringan dan juga minuman herbal.

Pemadaman lampu selama satu jam di area hotel ini rutin dilakukan oleh Eastparc Hotel setiap tahunnya karena manajemen peduli terhadap perubahan iklim yang sekarang sangat diresahkan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Tidak hanya dengan mematikan lampu selama satu jam di tanggal 24 Maret saja, aksi peduli terhadap perubahan iklim tersebut juga dilakukan oleh manajemen secara rutin setiap bulannya dengan melakukan General Cleaning di area hotel maupun warga sekitar dan pengolahan lahan disekitar hotel menjadi lahan hijau dengan sistem hydroponic. Oleh karena itu, simbol bumi Earth Hour diaplikasikan oleh Eastparc Hotel tidak hanya di tanggal 24 Maret saja tetapi juga rutin disetiap harinya.(*)

 

BERITA REKOMENDASI