Gara-gara Covid-19, Hotel-Resto Rugi Rp 33,6 Miliar

YOGYA, KRJOGJA.com – Kebijakan Pemerintah dalam mengantisipasi penyakit Covid-19 (Korona) berdampak langsung di dunia pariwisata dengan penurunan drastis tingkat hunian kamar hotel maupun restoran. Tercatat lebih dari 14.744 pembatalan kamar hotel selama periode Februari-Maret 2020, serta pembatalan pemesanan secara group restoran hingga ribuan orang.

“Jika dikalkulasi ada loss (kerugian) sekitar Rp 33,6 Miliar. Okupansi hotel DIY Februari-Maret per 14 Maret sejak diumumkan ada penderita Korona di DIY turun mencapai 17,8 persen dan dalam 3 hari setelahnya, turun lagi menjadi 18,17 persen. Pelaku industri pariwisata khususnya perhotelan akan melakukan langkah bersama,” tutur Ketua Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPD PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono, Selasa (17/3/2020).

Didampingi Ketua Indonesian Hotel General Manager (IHGM) DIY Kukuh Wibawanto dan Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Herryadi Baiin disebutkan, DIY belum menerapkan KLB, dan kita akan menunjukkan bila Yogya aman.

BERITA TERKAIT