JPH ‘Role Model’ Penghematan Energi

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN (KRjogja.com) – Jogjakarta Plaza Hotel (JPH) meraih Penghargaan Efisiensi Energi Nasional 2016 sebagai pemenang pertama kategori Manajemen Energi di Bangunan Gedung dan Industri Sub Kategori Bangunan Besar dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kementerian ESDM memberikan penghargaan kepada gedung-gedung pemerintah maupun swasta yang paling efisien dalam penggunaan energi, pemenang diharapkan menjadi role model untuk mendorong penghematan energi di masyarakat.

Penghargaan ini diserahkan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana kepada Chief Engineer JPH Supriyadi di Auditorium Binakarna Hotel Bidakara Jakarta pada 5 Agustus 2016 lalu.  JPH akan menjadi salah satu perwakilan Indonesia untuk mengikuti kompetisi ASEAN Energi Award yang digelar ASEAN Center for Energy (ACE) pada Februari 2017 mendatang. JPH juga meraih penghargaan sebagai 'Green Hotel' dari pemerintah untuk mewakili ASEAN dan telah mendapatkan self audit dari Proper semenjak 2015 lalu.

"Prestasi ini tentunya sangat membanggakan sebab JPH menjadi satu-satunya hotel dan gedung di pulau Jawa yang memperoleh penghargaan tersebut. Pencapain ini tentunya membutuhkan proses dan kerja keras dari seluruh karyawan JPH," kata Supriyadi dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/08/2016).

Supriyadi menyampaikan pihaknya telah mempersiapkan makalah tersebut kurang lebih dua tahun yang berisi perbandingan antara kegiatan efisiensi energi pada 2014 dan 2015. JPH mampu mengalami penurunan konsumsi energi hingga 25 persen. Salah satu upaya untuk menurunkan konsumsi energi di JPH dengan mengganti penggunaan elpiji dengan mesin hit pump.

"Kita ganti elpiji dengan hit pum yang ternyata memberikan dampak cukup besar. Tetapi yang utama kebiasaan karyawan sendiri yang sadar betul arti pentingnya penghematan energi, karena hal kecil akan berdampak besar," imbuhnya. (R-4)

BERITA REKOMENDASI