Pisang Tapak Kucing, Mencicipi ‘Dessert’ Ala Sultan di Grand Inna Malioboro

YOGYA, KRJOGJA.COM – Pisang Tapak Kucing merupakan salah satu kuliner khas kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang menjadi menu favorit Sri Sultan Hamengkubuwono VIII. Kini hidangan tersebut juga disajikan sebagai  dessert utama di Hotel Grand inna, Malioboro Yogyakarta. 
 
Menu pisang tapak kucing tidak banyak dijumpai sebagai jajanan pinggir jalan, hal tersebut juga diakui oleh Chef Vindex Tengker, biasanya makanan tersebut dapat dijumpai di Bale Raos, Restoran khas keraton.
 
"Tapak Kucing nggak banyak disajikan di luar keraton. Kalau datang ke Jogja di Bale Raos, restoran khas keraton di dalam keraton sendiri, dia juga menyajikan menu yang sama," tuturnya.
 
Tapak Kucing sendiri merupakan pisang bakar yang dicampur dengan mentega dan ditaburi dengan gula halus serta sedikit kayu manis. Campuran tersebut menjadi perpaduan yang nikmat ketika sampai di lidah.
 
Ketika digigit, campuran mentega dan pisang sedikit lumer di mulut, tekstur gulanya sangat halus sehingga ketika sampai di mulut manisnya gula dan pisang semakin terasa hingga ke pangkal lidah.
 
Aroma kayu manis yang khas langsung tercium oleh hidung, menjadikan rasanya semakin sempurna. Biasanya makanan Nusantara memiliki rasa yang cukup pedas, maka dari itu Pisang tapak kucing menjadi pilihan yang tepat sebagai penetralisir pedasnya makanan khas nusantara. (Halida Fitri)

BERITA REKOMENDASI