Rayakan Hari Kartini, Hyatt Regency Yogyakarta Kampanyekan Makan Tanpa Sisa

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Hyatt Regency Yogyakarta berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia untuk kampanyekan makan tanpa sisa di Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April. Kampanye ini bertajuk “Kartini Berperan Jadi Pahlawan Pangan”.

Tidak bisa dipungkiri, perempuan memiliki peran besar dalam menentukan keputusan pangan, produksi pangan, pola makan, serta membentuk preferensi makanan di dalam keluarga. Oleh karena itu, kampanye ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih bijak dalam mengelola makanan dan mengurangi sampah makanan di rumah.

Hasil penelitian Food and Agriculture Organization (FAO) menyatakan ada hampir 20 juta orang di Indonesia masih terganggu kelaparan dan 1 dari 3 (30,8%) balita di Indonesia stunting. Jumlah ini diperkirakan semakin meningkat karena pandemi. Studi lainnya menyebutkan bahwa 13 juta ton makanan terbuang setiap tahunnya di Indonesia. Padahal, angka tersebut dapat memberi makan 11% penduduk dari total populasi penduduk di Indonesia.

Angka ini bisa dikurangi dengan mencegah kemubaziran pangan dimulai dari rumah tangga dengan kampanye makan tanpa sisa. Kampanye makan tanpa sisa adalah kampanye yang mengajak masyarakat untuk mengurangi sampah makanan dengan beberapa cara, antara lain:

  • Mengambil makanan secukupnya
  • Menghabiskan makanan yang diambil
  • Mengolah kembali kelebihan makanan yang masih layak
  • Menyalurkan kelebihan makanan tersebut kepada yang membutuhkan
  • Untuk makanan yang sudah tidak layak konsumsi, diolah menjadi pupuk kompos.
  • Menanam kebun sayuran di rumah.

Sebagai bagian dari kampanye ini, Hyatt Regency Yogyakarta dan Foodbank of Indonesia mengadakan serangkaian acara yang digelar di Ballroom Hyatt Regency Yogyakarta hari Rabu (21/4) sore. Acara dimulai dengan cooking demo yang dipandu oleh Director Food & Beverage, Chef Wayan Durma dan diikuti oleh staf Hyatt Regency Yogyakarta, tamu hotel, tamu undangan, dan media. Pada cooking demo ini, Chef Wayan dan tim mengolah bahan-bahan yang berlebih seperti roti tawar yang diolah menjadi bread butter pudding, tahu goreng menjadi tahu telur dan ayam goreng menjadi ayam sambal matah.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan virtual talk show berjudul “Tips dan Trik Mencegah Food Waste di Rumah Tangga” dengan narasumber dari Foodbank of Indonesia, yaitu Tiara Wahidah selaku Social Program Officer dan Arivia Nurlita selaku Logistic and Operational Officer. Pembahasan pada virtual talk show ini membahas dampak sosial dan lingkungan dari menumpuknya sampah makanan dan bagaimana cara mengurangi dan mengelola sampah makanan di rumah.

Acara ini ditutup dengan buka puasa bersama 50 anak yatim piatu dari Yayasan Panti Asuhan Sinar Melati. Pada kesempatan ini, Hyatt Regency Yogyakarta dan Foodbank of Indonesia menyalurkan bantuan berupa makanan berlebih yang berpotensi mubazir yang masih layak makan.

Kampanye “Kartini Berperan Jadi Pahlawan Pangan” menjadi proyek kolaborasi pertama Hyatt Regency Yogyakarta dan Foodbank of Indonesia. Kedepannya akan ada sederet proyek yang fokus pada pencegahan kemubaziran pangan yang bertujuan untuk membantu meningkatkan ketahanan pangan serta keberlangsungan lingkungan untuk jangka panjang.(*)

BERITA REKOMENDASI