Cerita Mistis Situs Sumur Songo Cepogo

CAGAR budaya situs Sumur Songo terletak di timur lereng Gunung Merapi, tepatnya di Desa Candigatak, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Terdapat makam keramat sahabat Pangeran Diponegoro. Situs sumur Songo dibangun di masa klasik atau abad VIII hingga X Masehi, memiliki sembilan sumur.

Saat berkunjung ke Situs Sumur Songo ini, sebuah beringin besar dan sebuah makam yang diyakini sebagai makam Kiai Modjo, salah satu kawan akrab Pangeran Diponegoro.

“Ini makam Kiai Modjo, salah satu kawan Pangeran Diponegoro. Dulu istirahat kemudian meninggal di sini jadi dimakamkan di sini,” ujar Mustajab yang akrab disapa Mbah Tajab juru kunci Sumur Songo saat ditemui di lokasi, Minggu (23/1/2022).

Di samping makam juga terdapat sumur yang berbentuk persegi dan pinggirannya terdapat tumpukan batu teratur. Mbah Tajab mengatakan itu adalah Sumur Sunan Kalijaga. Ia mengaku setiap hari mandi di sumur tersebut.

“Ini yang namanya Sumur Sunan kalijaga. Jadi yang menginisiasi pembangunan sumur songo ya Sunan Kalijaga. Zaman itu masih banyak penganut agama Budha di sini, Sunan Kalijaga yang beragama Islam berteman dengan warga sekitar dan mengajak membuat sumur karena dulu di sini ya area susah air,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI