Desa Ngargoretno, Wisata Alam Berbasis Kearifan Lokal

Editor: Agus Sigit

Oleh: Bagas Asriyanto

DESA Wisata Ngargoretno merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Secara geografis desa ini terletak di Perbukitan Menoreh dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kulonprogo, DIY, di sebelah Selatan dan Kabupaten Purworejo, Jateng, di sebelah Barat.

Sebagai desa yang berada di wilayah Pegunungan Menoreh, suasana khas pegunungan seperti udara yang sejuk, langit yang bersih dan lingkungan yang masih terjaga keasriannya menjadi daya tarik Desa Ngargoretno. Selain kelestarian alamnya, potensi yang diolah dan dikemas dengan baik menjadi unique selling point Desa Ngargoretno. Kehangatan masyarakat desa membuat wisatawan seperti menjadi bagian dari warga Desa Ngargoretno.

Pada tahun 2016, warga Ngargoretno menginisiasi sebuah konsep pariwisata yang disebut wisata desa dengan berlandaskan konsep Community Based Tourism (CBT) sebagai semangat pemberdayaan dan konservasi lingkungan. Para wisatawan diajak terlibat dalam kegiatan warga Ngargoretno, seperti memerah susu kambing etawa, membatik, membuat jamu, memanen kopi, berternak lebah dan kegiatan lainnya.

Dalam kegiatan wisata di Desa Ngargoretno, wisatawan akan diajak keliling desa menggunakan mobil jip atau kendaraan shuttle yang telah disediakan. Tidak hanya melihat dan merasakan aktivitas warga desa, para wisatawan juga mendapatkan pengetahuan sejarah yang dijaga secara turun-temurun. Diharapkan dengan mengetahui sejarah dapat meningkatkan kepedulian wisatawan terhadap lingkungan.

Dalam pengolahan hasil alam Desa Ngargoretno, ada tiga konsep utama yaitu sehat tani, sehat masyarakat dan sehat produk, yang artinya setiap produk yang dihasilkan sehat, petani tercukupi dengan hasil pertaniannya sebagai bentuk kedaulatan pangan, dan produk yang dihasilkan petani dapat dinikmati masyarakat luas.

Produk yang dihasilkan petani Desa Ngargoretno antara lain kopi liar, kopi merah, madu liar, teh sangit, gula semut dan jamu siap seduh. Keistimewaan alam Desa Ngargoretno lainnya ialah Museum Alam Marmer Indonesia. Sebuah bukit marmer merah yang langka dan hanya satu-satunya di Indonesia. Di tempat ini wisatawan akan diajak geowisata tentang batuan marmer yang diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan baru tentang sumber geologi seperti fosil, bebatuan, bentang alam serta budaya dan sejarah lokasi setempat.

Desa Ngargoretno juga memiliki sebuah pusat kuliner yang dinamai Tumpeng Menoreh. Letaknya berada di perbatasan tiga wilayah atau sering disebut kawasan Gelangprojo (Magelang, Kulonprogo, Purworejo). Tumpeng Menoreh merupakan satu-satunya resto berbentuk heksagonal yang berada di puncak gunung, menyajikan pemandangan alam yang indah dan tidak bisa dijumpai di tempat lain. Resto ini menjadi salah satu roda perekonomian warga Ngargoretno, dimana semua makanan dan minuman dipasok langsung oleh warga sekitar. Semua hasil UMKM Desa Ngargoretno juga bisa dibeli di sini.

Dengan beberapa keunggulan potensi yang ada, Wisata Desa Ngargoretno merupakan paket lengkap bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman otentik budaya pedesaan Jawa. Selain wisata alamnya yang memukau dalam bentuk salah satu geopark marmer terlangka di dunia, Anda juga bisa merasakan tinggal di desa bersama penduduk aslinya, lengkap dengan pengalaman memerah susu kambing etawa, budidaya madu, mencicipi kopi khas Menoreh, belajar membuat jamu siap seduh dan tentunya mencicipi kuliner khas desa di resto yang unik yaitu Tumpeng Menoreh.***

(Penulis adalah Juara 2 Kategori Desa Wisata Ngargoretno)

 

BERITA REKOMENDASI