Desa Wisata Tinalah Astrocamp, Sarana Liburan, Berkemah dan Meneropong Bintang

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Astrocamp di Desa Wisata Tinalah, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo diselenggarakan, Sabtu–Minggu (25–26/06/2022) lalu. Kegiatan ini bertepatan dengan masa liburan sekolah sehingga dapat dimanfaatkan oleh para siswa untuk berlibur sekaligus belajar. Desa wisata Tinalah memang selalu berkomitmen menjadi desa yang berorientasi pada wisata edukasi.

Tinalah Astrocamp dibuka oleh Galuh Alif Fahmi Rizki selaku penggiat desa wisata dan Yudhiakto Pramudya sebagai ketua Pusat Studi Astronomi (Pastron) Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Yudhiakto mengatakan, Sebelumnya, Astrocamp telah diadakan di Baron Techno Park, Gunung Kidul, dan Kemit Forest, Cilacap. Untuk itu, Tinalah Astrocamp didukung sepenuhnya oleh Pastron. Kawasan desa wisata di Kulon Progo tersebut menyimpan potensi pengembangan untuk wisata edukasi termasuk edukasi tentang langit malam.

Peserta Astrocamp yang terdiri atas siswa SD sampai perguruan tinggi diberikan fasilitas menggunakan tiga teleskop yaitu Skywatcher BK120, Skywatcher BK909, dan Bresser AR90. “Teleskop ini mampu mengamati bintang, bulan, matahari, dan cluster atau sekumpulan bintang. Cluster termasuk objek redup yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan teleskop. Peserta takjub dengan objek-objek langit redup semacam itu, yang ternyata terdapat banyak pengetahuan dengan menelitinya,” kata Yudhiakto, Kamis (30/06/2022).

BERITA REKOMENDASI