Festival Panas Pela Amahai-Ihamahu

JAKARTA (KRjogja.com) – Maluku Tengah menggelar Festival Panas Pela Amahai – Ihamahu. Festival yang menonjolkan persaudaraan ini akan diilkuti berbagai suku di Indonesia.

"Pada acara Panas Pela ini merupakan pesta persaudaraan karena diikuti oleh berbagai suklu yang ada di indonesia, bahkan suku Ambon sendiri yang ikut sertga hanya 30 persen, sedangkan sisanya dari berbagai suku yang ada di Maluku," kata Ketua  Panitia  PANAH (Peduli Anak Negeri Amahai) Edison Huwae di Jakarta, Rabu (07/09/2016).

Diungkapkan, pelaksanaan Festival Panas Pela Amahai-Ihamahu akan berlangsung pada 29 September 2016 di Amahai. Pasawari (pesta atau perayaan) Panas Pela Amahai – Ihamahu merupakan festival rutin dilakukan tiap 9 tahun secara bergantian antara Amahai yang terletak di Pulau Seram dan Ihamahu yang berada di Pulau Saparua. 

"Nanti di antara antara Pulau Seram dan Pulau Saparua akan bentangkan kain Gandong akat kain putih sebagai lambang persaudaraan yang panjangnya 2000 meter dan ini rekor dunia," tegasnya.

Sebagai tuan rumah berbagai persiapan sudah dilakukan di Amahai. Tiap rumah warga terbuka untuk menyambut tamu yang datang. Dapur umum juga tersedia di sejumlah lokasi untuk para tamu dengan beraneka hidangan khas.
Untuk mensukseskan Panas Pela Amahai – Ihamahu yang memiliki nilai-nilai sakral dan kekentalan budaya.  (Lmg)

BERITA REKOMENDASI