Indahnya Keberagaman di Manado Fiesta 2018

MANADO, KRJOGJA.com  – Kota Manado memperlihatkan keberagaman yang dimilikinya. Momennya adalah Manado Fiesta 2018. Pada event yang memasuki tahun pelaksanaan ke-2 ini, berbagai latar belakang dipertemukan. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat. Yaitu ‘Diversity in Harmony’. 

Keindahan budaya, alam, toleransi, kuliner, fashion, hingga keamanan dan kenyamanan, menjadi satu. Manado Fiesta ke-2 dirilis 31 Agustus hingga 9 September. Lokasinya ada di Megamas, Kota Manado, Sulawesi Utara. Pembukaannya berlangsung spesial. Melibatkan atraksi terjun payung dan simulasi operasi khusus TNI Angkatan Laut.
 
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan, Manado Fiesta menjadi perayaan pesta bersama.“Penyelenggaraan Manado Fiesta tahun ini sangat luar biasa. Sangat meriah. Event ini bisa dinikmati bersama oleh semua latar belakang. Semua bisa bergembira di sini,” jelas Olly, Jumat (31/8).
 
Pembukaan Manado Fiesta tahun ini ditandai dengan pelepasan burung merpati. Ritual ini dilakukan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. Ikut mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Tenaga Ahli Menpar Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata I Gde Pitana, hingga Walikota Manado Vicky Lumentut. Manado Fiesta ini juga disupport penuh oleh Kementerian Pariwisata.
 
Manado Fiesta ini juga menyajikan beragam keindahan biota Bunaken. Konsepnya disajikan dalam karnaval kendaraan hias. Karnaval ini juga lengkap dengan tema suku, agama, dan beragam budaya yang ada di Kota Manado. 

Pergerakan wisatawan di Sulawesi Utara positif. Tahun ini, mereka memasang target kunjungan 3 juta wisatawan. Jumlahnya terus naik menjadi 5 juta wisatawan pada 2020. Target ini mengacu realisasi yang positif pada 2017 dengan jumlah kunjungan 2,7 juta wisatawan. Jumlah tersebut naik signifikan dari 2016 dengan kunjungan wisatawan 1,7 orang.
 
“Kami optimistis, Manado Fiesta ini mampu menarik jumlah kunjungan wisatawan lebih banyak lagi. Sebab, beragam agenda memang sudah disiapkan. Semuanya juga digelar meriah,” jelas Olly.

Usai opening, Manado Fiesta digelar masif. Ada Fisco atau Fish and Coral Festival. Tema yang diangkat keanekaragaman biota laut Bunaken melalui karnaval kendaraan hias. Parade ini total diikuti 90 peserta dengan beragam tema dasar.  Sepanjang 1-4 September, wisatawan juga bisa menikmati Paragliding International Accuracy Open di Taman Hutan Raya, Gunung Tumpa, Manado. (*)
 

 

BERITA REKOMENDASI