Ini Lima Destinasi Favorit Wisatawan di DIY Musim Lebaran 2019

JUMLAH kunjungan wisatawan ke DIY di momen libur Lebaran 2019 (1-9 Juni) mencapai 1,3 juta orang. Berbagai destinasi di lima kabupaten/kota DIY ternyata menarik minat pengunjung untuk singgah menikmati waktu libur bersama keluarga.

KRjogja.com lantas merangkum lima destinasi favorit pilihan wisatawan di masa libur Lebaran 2019 yang mungkin bisa menjadi acuan ketika berlibur ke Yogyakarta. Data tersebut didapatkan dari Dinas Pariwisata DIY yang secara resmi merilis Kamis (13/6/2019).

Berikut destinasi terfavorit di DIY dengan kunjungan wisatawan terbanyak berdasar data Dinas Pariwisata DIY :

1. Pantai Parangtritis
Meski terhitung objek wisata yang sangat lawas, namun tampaknya pantai di Kretek Bantul ini tetap menjadi primadona bagi wisatawan di momen Lebaran 2019 dengan andalan wahana ATV, dokar hingga Paralayang. Tercatat, selama 9 hari libur Lebaran, pengunjung Parangtritis mencapai 272.900 wisatawan.

2. Kawasan Lereng Merapi
Wilayah di kaki Gunung Merapi meliputi Kaliurang dan Kaliadem ternyata masih menjadi pilihan utama wisatawan yang menginjakkan kaki di Yogyakarta. Di lereng Merapi, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seperti Jeep Lava Tour, mengunjungi Museum Ulen Sentalu hingga wahana Festival of Light yang ada bertepatan momen libur Lebaran 2019. Kawasan ini mampu menarik 175.451 wisatawan di masa Libur Lebaran.

3. Tebing Breksi
Kawasan yang berada di wilayah Sambirejo Prambanan Sleman ini dahulu merupakan lokasi penambangan batuan alam. Kini tebing-tebing dari batuan sisa erupsi Gunung Purba Nglanggeran tersebut berubah menjadi lebih menarik dengan corak dan ornamen yang instagramable. Tak salah bila kemudian objek wisata ini mampu menarik wisatawan hingga 71.953 orang.

4. Kebun Binatang Gembiraloka
Kawasan kebun binatang dengan koleksi beebagai satwa yang berada di tengah kota Yogyakarta ini memang selalu menarik pengunjung untuk datang. Berbagai wahana juga disediakan pengelola yang ternyata mampu menarik minat wisatawan khususnya anak-anak hingga keluarga untuk datang melihat koleksi ribuan satwa. Gembiraloka atau kini kerap disebut GL Zoo mampu menarik 55.319 wisatawan di momen Lebaran 2019.

5. Pantai Glagah
Pantai di wilayah Kecamatan Temon Kulon Progo ini tampaknya juga mampu menarik wisatawan dengan hamparan pasir besi di tepi pantai. Pemecah ombak yang ada di pantai tersebut kini jadi salah satu ikon untuk berfoto dengan latar yang indah. Pantai Glagah mampu menarik wisatawan 54.724 orang selama musim Lebaran 2019.
(Fxh)

BERITA REKOMENDASI