Kaligono: Desa Indah Penuh Cerita dan (K)etawa

Editor: Agus Sigit

Oleh Ernawati

KALIGONO merupakan salah satu nama paling banyak disebut ketika membicarakan destinasi wisata yang harus dikunjungi  di daerah Purworejo. Menurut Google Maps hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai di desa ini jika memulai perjalanan dari Alun-alun Purworejo dengan menggunakan motor atau mobil. Selama perjalanan bisa diisi dengan menonton setengah episode drama korea Hospital Playlist, namun akan lebih baik becengkrama dengan keluarga atau teman perjalanan. Jangan lupa menikmati pula pemandangan yang dilewati sepanjang perjalanan.

Pertama, desa Kaligono terkenal kekayaan alamnya yang dimiliki. Pada sektor pertanian Kaligono terkenal  buah durian dan manggis. Jika berkunjung ke desa ini, akan menemukan banyak pohon durian yang besar-besar. Tanaman ini di Desa Kaligono sebagian merupakan warisan turun temurun yang berumur puluhan tahun ,sehingga kualitas buah Durian yang dihasilkan sangat baik dan memiliki rasa dengan ciri khas yang terjaga.

Jika Anda pecinta durian, berkunjunglah pada saat musim durian tiba. Biasanya di desa ini mengadakan  “Grebeg Durian” dengan banyak acara, diantaranya  lomba makan durian. Selain itu, juga bisa membeli durian dari para petani langsung, sehingga harga yang didapat jauh lebih murah dari harga pasaran namun tetap dengan kualitas baik.

Desa Kaligono juga menghasilkan dalam jumlah banyak si Ratu Buah atau lebih dikenal dengan sebutan manggis. Pada saat SMA salah satu teman penulis berasal dari desa Kaligono.  Ia berhasil membuat satu kelas  ‘’Mabuk Manggis” karena ia datang ke sekolah dengan membawa satu kardus besar buah manggis dan membuat teman sekelas tak berhenti memakannya karena memang rasanya enak, manis, lembut dan menyegarkan. Teman tersebut juga mencerikan fakta menarik, biasanya jumlah siung buah yang ditemukan di dalam buah manggis sesuai dengan jumlah kelopak yang menepel pada bagian bawah kulit manggis tersebut.

Pada sektor peternakan, Kambing peranakan Etawa (PE) merupakan salah satu ternak yang paling banyak dipelihara warga desa Kaligono.  Anda bisa berwisata kambing dengan belajar langsung cara merawat dan memerah susu kambing bersama  kelompok tani ternak “Margo Mulyo” yang tak kalah menarik dengan wisata domba di Agrodome New Zealand.  Selain itu, bisa mencicipi susu murni Kambing PE yang banyak manfaatnya.

Berdasarkan penelitian  mahasiswa Universitas Mercubuana Yogyakarta, untuk hasil uji argonoleptik, alkohol, kadar lemak, berat jenis dan derajat keasaman,  kualitas dari susu kambing  PE yang dihasilkan  petani ternak di Desa Kaligono menyatakan, susu kambing tersebut memenuhi standar mutu susu segar.

Setelah lapar dan dahaga hilang dan berganti kenyang dengan makan buah dan minum susu murni kambing PE,  kemudian dilanjutkan menikmati ketenangan dan kesegaran, yakni  langsung mengunjungi Curug Siklotok yang berada di dusun Jeketro Desa Kaligono. Akses jalan  menuju curug cukup mudah  dibandingkan dengan curug di tempat lain. Jalan yang dilewati merupakan batu yang ditata rapi, sehingga para pengunjung cukup nyaman  melewatinya.

Curug Siklotok cukup aman untuk mandi dan bermain air serta merasakan kesegaran secara langsung, namun tetap harus berhati-hati. Selain itu, Curug Siklotok dikelilingi pepohonan hijau yang indah dan menawan, dengan suara gemericik air terjun sebagai musik pengiring yang mampu menciptakan susasana  menenangkan. Cocok untuk kaum milineal yang memerlukan tempat untuk “healing”.

Masih banyak tempat lain di Kaligono, seperti Bukit Wukir Kencana dan Makam Simbah Ngabei Sayid Syarifudin yang bisa turut dikunjungi  atau kegiatan  lain berupa membuat gula aren dan wingko kelapa secara langsung yang bisa dilakukan di desa wisata ini. Satu hal utama yang akan Anda rasakan adalah keramah-tamahan warganya. Senyum cerah selalu ditunjukan ketika bertemu para pengunjung.

Masyarakat desa Kaligono sendiri terlihat rukun dan damai serta selalu memegang teguh pada norma, adat istiadat dan budaya yang dimilikinya. Hal ini nampak dengan masih adanya kegiatan Soyar maole dan tradisi  Merti Dusun. Berkunjung  ke Desa Kaligono adalah perjalanan wisata yang tidak hanya bisa membawa oleh-oleh makanan dan souvenir,  namun juga dilengkapi ketawa dan banyak cerita.

Penulis adalah Juara II Kategori Desa Wisata Kaligono Kaligesing Purworejo

BERITA REKOMENDASI